Iklan dempo dalam berita

Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2024, Ini 3 Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online

Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2024, Ini 3 Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online

Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2024, Ini 3 Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online--Foto: ist

Hanya saja, pengecekan pajak kendaraan melalui SMS baru bisa dilakukan di beberapa provinsi di Indonesia. Jika tinggal di area Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur; pengecekan melalui SMS baru bisa dilakukan.  

BACA JUGA:Ada Diskon 10 Persen! Ini Syarat dan Ketentuan Pemutihan Pajak Kendaraan Provinsi Jawa Barat

Melakukan pengecekan pajak kendaraan lewat SM cukup dengan mengetik kode provinsi yang dilanjutkan dengan nomor plat kendaraan. Sebagai contoh, kode pengecekan pajak kendaraan di Jakarta adalah Metro sementara di Jawa Barat adalah poldajbr. 

Jadi jika nomor kendaraan Anda adalah B9876 SKG, Anda bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan dengan mengirim SMS dengan format METRO (spasi) B9876 SKG, lalu kirim ke 1717.  

Pastikan pembayaran pajak kendaraan dilakukan sebelum jatuh tempo untuk menghindari risiko denda. Untuk mobil, denda keterlambatan pembayaran pajak mobil bisa mencapai 25 persen dalam satu tahun.  

Karena itulah, pembayaran pahak tepat waktu menjadi sangat krusial. Apalagi saat ini, sudah bayar cara mengecek biaya pajak mobil maupun motor secara online. Kalaupun merasa canggung dengan perangkat online, Anda bisa datang ke kantor Samsat terdekat untuk mengurus pembayaran pajak kendaraan.  

Lantas Berapa Biaya Saat Ikut Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor?

Pemutihan pajak kendaraan bermotor merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh negara guna mendorong wajib pajak yang telah lama tidak membayarkan kewajibannya membayar pajak kendaraan dengan tidak/menghapus beban denda keterlambatan pembayaran selama periode tertentu.

Katakanlah Anda memiliki kendaraan bermotor yang sudah tiga tahun menunggak. Jika kemudian Anda menuntaskan kewajiban untuk membayarkan pajak motor dalam kurun waktu tersebut, maka Anda akan dikenakan denda sebesar 2% dari pajak pokok kendaraan yang terlambat dibayar.

Dengan adanya program pemutihan ini, denda yang dikenakan sebelum masa pemutihan akan dihilangkan sehingga Anda cukup membayarkan pajak pokok saja.

Itulah informasi program pemutihan pajak kendaraan bermotor 2024, Ini 3 cara cek pajak kendaraan secara online.

 

(Novan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: