Iklan dempo dalam berita

Listrik Padam Lama, Warga Kesal Sampai ke Ubun-ubun, Begini Komentar Netizen, Ada yang Bikin Ngakak

Listrik Padam Lama, Warga Kesal Sampai ke Ubun-ubun, Begini Komentar Netizen, Ada yang Bikin Ngakak

Warga kesal sampai ke ubun-ubun, listrik PLN padam lama--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Listrik padam lama, warga kesal sampai ke Ubun-ubun, begini komentar netizen, ada yang bikin ngakak.

Warga di wilayah Sumbagsel sedang heboh dan sangat terganggu akibat pemadaman listrik yang berlangsung berjam-jam.

Kondisi ini membuat masyarakat mengeluh keras, terutama setelah terjadi gangguan pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat pada Selasa, 4 Juni 2024. 

Sistem transmisi ini merupakan jaringan interkoneksi yang menghubungkan beberapa wilayah di Sumatera, sehingga gangguannya berdampak luas pada pasokan listrik di wilayah Sumbagsel.

BACA JUGA:Kesempatan Emas, Ini 10 Formasi CPNS 2024 yang Dibuka Kemendikbud

Gangguan pada jaringan transmisi yang membawa beban tinggi ini menyebabkan pembangkit listrik ikut padam secara otomatis. Proses penyalaan kembali, terutama untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), memerlukan waktu yang tidak sebentar. 

Untuk memulihkan kondisi ini diperlukan manajemen pengaturan beban guna menjaga kestabilan listrik di wilayah yang terdampak. Tak heran, banyak masyarakat yang mengeluh karena pemadaman listrik ini membuat aktivitas sehari-hari mereka terganggu.

Di beberapa wilayah seperti Palembang, Jambi, dan Bengkulu, pasokan listrik berangsur kembali normal. "Saat ini, kondisi kelistrikan untuk 2,5 juta pelanggan di wilayah Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu telah menyala secara bertahap," ujar Iwan Arissetyadhi, Manajer Komunikasi & TJSL Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu.

BACA JUGA:Syarat KUM Mandiri 2024, Suku Bunga Rendah, Proses Mudah dan Cepat

Iwan menambahkan bahwa proses penormalan listrik masih terus berlanjut, terutama untuk jaringan distribusi pelanggan yang masih terdampak padam.

Khusus untuk wilayah Bengkulu, pemulihan masih berlangsung. Hingga pagi ini, progres pemulihan sudah mencapai 90 persen, dengan hanya 10 persen wilayah yang masih dalam tahap pemulihan. 

Asisten Manajer Transaksi Energi Listrik PLN UP3 Bengkulu, Reza Oktadinata, menjelaskan bahwa saat ini ada tujuh titik di Bengkulu yang masih padam. Berikut beberapa wilayah yang masih mengalami pemadaman:

1. Penyulang exp pulai bai (daerah Tanah Patah, Perumdam)

2. Penyulang paus (Padang Serai, Lanal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: