Iklan dempo dalam berita

Catat, Ini 7 Larangan Bagi Orang yang Berkurban, Pastikan Tidak Melakukannya

Catat, Ini 7 Larangan Bagi Orang yang Berkurban, Pastikan Tidak Melakukannya

Larangan Bagi Orang yang Akan Berkurban--

Begitu juga dengan penyembelih yang dimintai bantuan hendaknya diberikan upah yang layak. Dalam pemberian upah ini, Islam juga telah memberikan aturan agar tidak memberikan upah daging qurban kepada penyembelih.

BACA JUGA:Tabel Angsuran Pinjaman KUR BRI 2024 Rp 25 -100 Juta, Ini Cara Menghitung serta Tips agar Pinjaman Cepat Cair

5. Menggagalkan Hewan yang Akan di Qurbankan

Larangan saat qurban lainnya adalah menggagalkan jenis hewan yang akan dikurbankan. Maksud menggagalkan disini adalah apabila ada orang sudah memberikan hewan untuk berqurban dan kemudian mengambilnya.

Larangan ini didasarkan pada hadits dari Jabir bin Abdullah RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda.

“Jika seseorang telah menetapkan seekor unta untuk diqurbankan, maka janganlah dia menggantinya dengan seekor unta lain; jika seseorang telah menetapkan seekor sapi untuk diqurbankan, maka janganlah dia menggantinya dengan seekor sapi lain; jika seseorang telah menetapkan seekor kambing untuk diqurbankan, maka janganlah dia menggantinya dengan seekor kambing lain; kecuali jika ia mendapatkan sesuatu yang lebih baik daripadanya.” (HR. Muslim)

BACA JUGA:Berapa Gaji Pantarlih Pilkada 2024? Segini Nominalnya yang Ditetapkan KPU RI

6. Salah Saat Membagikan Daging Qurban
Untuk pembagian daging qurban, sangat dianjurkan untuk memberikannya kepada orang yang membutuhkan. Terutama pada kaum dhuafa yang berkesusahan dalam kehidupan kesehariannya. Dalam Al-Quran juga telah dijelaskan tentang pembagiannya.

Dimana daging yang telah diqurbankan tersebut bisa dibagi secara merata untuk kaum dhuafa dan sebagian untuk orang yang mampu. Cara pembagian ini telah dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Hajj ayat 36 sebagai berikut.

“Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syi`ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta” (QS Al-Hajj 36).

BACA JUGA:4 Keistimewaan Bulan Dzulhijjah, Simak Waktu Pelaksanaan dan Niatnya

7. Melarang yang Berqurban untuk Makan
Perlu diketahui bahwa Islam memperbolehkan orang yang berqurban untuk memakan daging yang dikurbankan.

Sehingga, apabila ada orang yang melarang orang yang berqurban justru itu menjadi tidak boleh dan menjadi larangan saat qurban.

Mengenai anjuran memakan daging yang diqurbankan telah dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Berikut ini adalah redaksi dari hadits anjuran memakan daging qurban tersebut:

“Jika di antara kalian berqurban, maka makanlah sebagian qurbannya” (HR Ahmad).

Demikianlah informasi tentang 7 larangan bagi orang yang berkurban! didasari Dalil, Hadist dan Al-Qur’an. Semoga bermanfaat.

Tianzi Agustin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: