Iklan dempo dalam berita

3 Hari Baik Potong Kuku Menurut Primbon Jawa Berdasarkan Weton, Kamis Pon Termasuk?

3 Hari Baik Potong Kuku Menurut Primbon Jawa Berdasarkan Weton, Kamis Pon Termasuk?

Hari Baik Potong Kuku Menurut Primbon Jawa--

1. Menentukan Hari Pernikahan
Dahulu kala, ketika akan ada pasangan dari suku Jawa yang akan menikah, maka untuk bisa menentukan tanggal baik acara pernikahan dilangsungkan tak bisa secara sembarang.

Ada perhitungan khusus yang melibatkan weton dari masing-masing calon pengantin. Biasanya, proses perhitungan weton khusus untuk acara pernikahan akan dilakukan oleh sesepuh atau orang yang memahami ilmu perhitungan weton.

2. Membantu Menentukan Hari Puasa Weton
Orang Jawa memiliki kepercayaan ketika ada weton yang diulang, maka akan lebih baik pihak yang bersangkutan melakukan puasa.

Puasa weton ini dilakukan setiap hari kelahiran pihak yang bersangkutan tiba. Itu artinya puasa tersebut akan dilakukan secara berulang setiap lima minggu sekali.

BACA JUGA:Ini Amalan yang Dianjurkan saat Bulan Dzulhijjah dan Dalilnya

3. Dipercaya Mampu Menentukan Nasib Seseorang
Orang Jawa memiliki kepercayaan jika weton akan bisa memberikan dampak pada nasib seseorang. Oleh karena itu, ada beberapa pantangan yang diterapkan.

Misalnya, ketika seseorang memiliki weton Minggu Kliwon, maka mereka tak boleh menikah dengan seseorang yang memiliki weton Senin Kliwon.

4. Menentukan Hari Penting Bagi Seseorang
Selain tiga hal yang dijelaskan sebelumnya, weton juga ada hubungannya terhadap hari penting bagi seseorang. Dimana hari ini juga ada hitungannya sendiri yang di dalamnya ada aspek weton.

BACA JUGA:Kapan Perekrutan Pantarlih Pilkada Sumatera Selatan 2024 Dibuka? Cek Jadwal Terbarunya

5. Mengetahui Watak dan Perilaku Seseorang
Dalam budaya Jawa, weton juga kerap dipercayai sebagai salah satu cara untuk bisa tahu bagaimana karakter atau watak yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini bisa dilakukan oleh orang yang mempelajari secara penuh akan perputaran kalender tradisional.

Demikianlah informasi tentang 3 hari baik potong kuku menurut Primbon Jawa berdasarkan weton. Semoga bermanfaat.

Tianzi Agustin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: