Iklan dempo dalam berita

Hari Puasa Arafah di Indonesia dan Arab Saudi Berbeda Lagi, Bagusnya Ikut yang Mana? Ini Penjelasan 2 Ulama

Hari Puasa Arafah di Indonesia dan Arab Saudi Berbeda Lagi, Bagusnya Ikut yang Mana? Ini Penjelasan 2 Ulama

Puasa arafah ikut Indonesia atau Arab Saudi?--

Perbedaannya hanya terletak pada niat puasa yang dibaca. Karena merupakan ibadah sunah, niat puasa Zulhijah bisa diucapkan pada siang hari jika terlupa untuk melakukannya pada pagi hari.

Dilansir dari laman NU Online, berikut adalah niat puasa Arafah:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat berpuasa sunah Arafah karena Allah ta'ala."

Keutamaan Puasa Arafah 

Keutamaan Puasa Arafah (Unsplash) Puasa Arafah dianjurkan bagi umat muslim yang tidak melakukan ibadah haji. Sebaliknya, jemaah haji yang ada di Arafah haram untuk berpuasa. Berikut beberapa keutamaan puasa Arafah: 

BACA JUGA:Waspada! Kenali 7 Tanda HP Disadap, Begini Cara Mudah Mencegahnya

1. Menghapus Dosa Tahunan 

Keutamaan puasa Arafah yang pertama yaitu menghapus dosa tahunan, baik itu satu tahun sebelum maupun sesudah. Hal ini senada dengan riwayat dari Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda: وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ 

Artinya:  "Dan beliau (Rasulullah) ditanya mengenai puasa pada hari Arafah, maka beliau menjawab, 'Dia menghapuskan (dosa) setahun yang lalu dan setahun yang akan datang'." (HR. Muslim). Kemudian dalam riwayat lain, Rasulullah SAW menyampaikan sabdanya mengenai keutamaan puasa Arafah yang dapat menghapus dosa kaum muslim. 

Berikut sabda Rasulullah SAW: صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنَّهُ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ. Artinya: "Aku berharap kepada Allah agar puasa hari Arafah dapat menghapuskan (dosa) setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya." (HR. Muslim). 

2. Terbebas dari Siksa Neraka 

Tidak hanya dihapus dosa, dan mendapat pahala, puasa Arafah memberikan keutamaan bagi umat muslim berupa terbebasnya dari siksa neraka. Berikut sabda Rasulullah SAW: مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيْهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ. Artinya: "Tidak ada hari yang Allah membebaskan hamba-hamba dari api neraka lebih banyak daripada pada hari Arafah" (HR. Muslim). 

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Ini Rincian Dana Desa Kabupaten Tulungagung Jawa Timur 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: