Iklan dempo dalam berita

Siapakah Sosok Harun Masiku Eks Calon Legislatif Partai yang Sudah 4 Tahun jadi Buronan KPK?

Siapakah Sosok Harun Masiku Eks Calon Legislatif Partai yang Sudah 4 Tahun jadi Buronan KPK?

Siapakah Sosok Harun Masiku--

"Mohon informasi, mohon masukan, kalau dengar, kalau lihat, ada di mana, kabari kami terkait saudara HM (Harun Masiku) ini. Kita sama-sama mencari," kata Direktur Penyidikan Asep Guntur di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (13/6/2024).

BACA JUGA:Tertarik Beli Mobil Baru, Pahami Dulu Kekurangan Membeli Mobil Baru, Berserta Tips agar Tidak Rugi

Asep mengatakan informasi yang diterima KPK mengenai keberadaan Harun Masiku bersifat terbatas. KPK, kata Asep, juga tidak mungkin mengumbar identitas yang melaporkan informasi itu

"Tentunya kalau misalkan kami ada informasi, informasinya sangat terbatas. Maksudnya, terbatas siapa yang harus mengetahui sehingga tidak bisa kami juga sampaikan karena tentunya itu akan berakibat juga dalam proses penyidikan dan pencarian yang bersangkutan," ujarnya.

BACA JUGA:Mending Beli Mobil Baru atau Bekas? Mana yang Lebih Untung, Ini Perbedaannya

Asep juga menyebut pernyataan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata yang mengatakan mudah-mudahan buron kasus korupsi Harun Masiku bisa ditangkap dalam seminggu sebagai motivasi. Asep mengatakan Pimpinan KPK berupaya mendorong agar Harun Masiku segera ditangkap.

"Ini kami melihat bahwa pimpinan kami ini memberikan motivasi kepada penyidik agar memang benar-benar fokus sehingga mendorong secepatnya untuk bisa kita selesaikan," ujarnya.

BACA JUGA:Manfaat dan Kegunaan Akar Bahar Menurut Islam, Ini 7 Kelebihanya Bisa Dijadikan Sebagai Obat Tradisional

Alasan Harun Masiku Sulit Ditangkap

Telah menjadi buronan sejak 2020 lalu, hingga saat ini keberadaan Harun Masiku masih belum diketahui. Kelihaian politikus PDIP itu dalam bersembunyi membuat aparat penegak hukum kesulitan untuk menangkapnya. Kinerja KPK pun dipertanyakan akibat lambannya penyelesaian kasus ini.

BACA JUGA:Jangan Tertipu, Kenali Dulu Ciri Akar Bahar Asli Disini, Lengkap dengan Tips Memilihnya

Eks penyidik KPK Novel Baswedan mengaku heran dengan sikap KPK yang masih belum berhasil menangkap Harun Masiku. Dia bahkan menilai komisi antirasuah itu tidak sungguh-sungguh dalam mencari Harun Masiku.

“Dia (Harun) kabur sampai lama itu agak aneh gitu,” ucap Novel Baswedan di kampus Universitas Hasanuddin, Makassar, Kamis, 10 Agustus 2023.

BACA JUGA:Diyakini Ditakuti Makhluk Gaib, Inilah Mitos Akar Bahar yang Dipercaya Sejak Zaman Dulu

Menurut Novel, sejak awal penanganan kasus Harun Masiku oleh KPK tidak sungguh-sungguh. Ia mencontohkan, ketika operasi tangkap tangan (OTT), penyidik tidak didukung untuk melakukan penangkapan dengan benar, sehingga Harun Masiku berhasil kabur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: