Iklan dempo dalam berita

Netizen Lirik Jumlah Harta Camat Sukolilo Pati Jawa Tengah Pasca Viral Bos Rental Mobil Tewas

Netizen Lirik Jumlah Harta Camat Sukolilo Pati Jawa Tengah Pasca Viral Bos Rental Mobil Tewas

Netizen Lirik Jumlah Harta Camat Sukolilo Pati Jawa Tengah--

Meski viral kondisi sepi, Andrik mengakui kondisi Sukolilo Pati berangsur kondusif. Dia berharap dalam waktu dua sampai tiga hari kehidupan masyarakat di Kecamatan Sukolilo berangsur normal.

Sementara, terlepas dari beberapa hal yang membuat viral dari Kecamatan Sukolilo. Secara geografis, Kecamatan Sukolilo yang memiliki 16 desa itu berada di kawasan perbukitan di wilayah Pegunungan Kendeng.

BACA JUGA:Luar Biasa, Ternyata Ada 18 Jenis Kelamin di Thailand, Bukan Hanya Laki-laki dan Perempuan

Kondisi tersebut memberikan keuntungan tersendiri karena terdapat potensi wisata alam yang bisa dijadikan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Sukolilo.

Di kawasan itu, antara lain ada objek wisata Gua Wareh di Desa Kedumulyo, air terjun tadah hujan di Desa Sukolilo, serta rawa teratai di Desa Kasiyan.

BACA JUGA:5 SMP Negeri Terbaik di Semarang Versi Nilai IIUN, Cocok Jadi Referensi PPDB 2024

Terbaru, di Desa Sukolilo juga akan dikembangkan wisata kolam renang memanfaatkan kolam air yang sebelumnya dijadikan tempat penampungan air bersih oleh perusahaan daerah air minum (PDAM) untuk suplai air ke rumah-rumah warga yang kesulitan air bersih.

Andri Sulaksono menceritakan bahwa objek wisata air yang baru tersebut, rencananya dikelola oleh pemerintah desa setempat, melalui badan usaha milik desa (BUMDes).

BACA JUGA:Ini Harga AC Portabel yang Digunakan Nagita Slavina dan Fasilitas RANS Family Saat Ibadah Haji

Harapannya, pengelolaan wisata air tersebut bisa meniru keberhasilan Desa Ponggok di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang berhasil mengelola objek wisata air, sehingga menjadikan pendapatan asli desa setempat cukup besar dan bisa meningkatkan kesejahteraan warga di sekitarnya.

BACA JUGA: Jadwal Pertandingan Piala AFF U16 Timnas Indonesia yang Disiarkan Langsung EMTEK Grup

Dari beberapa objek wisata alam tersebut, ada yang dikelola Pemerintah Kabupaten Pati, di antaranya Gua Wareh, sedangkan objek wisata lainnya dikelola oleh swasta maupun perorangan.

Kecamatan Sukolilo juga menyimpan potensi wisata budaya yang selama ini cukup dikenal masyarakat dari berbagai daerah lain, di antaranya "Omah Kendeng" yang merupakan rumah tradisional warga Sedulur Sikep atau dikenal dengan sebutan komunitas Samin.

BACA JUGA:5 Mitos dan Manfaat yang Mengelilingi Pohon Pule atau Pulai yang Konon Katanya Keramat

Di rumah tradisional komunitas Samin yang merupakan sebutan dari nama seorang tokoh, yakni Samin Surosentiko, itu terdapat aneka gamelan yang biasa mereka mainkan, sehingga bisa menjadi daya tarik wisata budaya lokal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: