Iklan dempo dalam berita

6 Dampak Perselingkuhan Orang Tua terhadap Perkembangan Psikologis Anak

6 Dampak Perselingkuhan Orang Tua terhadap Perkembangan Psikologis Anak

Dampak perselingkuhan orang tua terhadap anak--

Perselingkuhan dalam pernikahan membawa dampak yang sangat merugikan bagi anak-anak. Namun, ketika hal ini terjadi, penting untuk mengakui dampaknya terhadap anak-anak dan memberikan dukungan yang mereka butuhkan untuk mengatasi pengalaman traumatis ini. 

Orang tua dan lingkungan sekitar harus berperan aktif dalam membantu anak-anak pulih dan membangun kembali kepercayaan serta kesejahteraan emosional mereka.

Sebagai informasi tambahan berikut beberapa hal yang perlu anak lakukan ketika menghadapi orangtua yang kepergok selingkuh:

BACA JUGA:Inilah 11 Ciri-ciri Trauma Perselingkuhan yang Berdampak Pada Mental dan Fisik

1. Cari tahu kebenarannya terlebih dahulu

Alih-alih langsung menuduh dan marah kepada orangtua, alangkah baiknya sebagai anak mencari tahu dulu alasan dibalik perselingkuhan yang dilakukan orangtua.

Sebab, bisa saja orangtua telah memiliki masalah yang serius sejak lama, tapi sengaja disembunyikan agar semua terlihat baik-baik saja.

2. Ajak orangtua diskusi

Carilah waktu yang tepat untuk berdiskusi empat mata dengan orangtua setelah memergokinya selingkuh. Awali perbincangan dengan hal-hal yang santai terlebih dahulu, kemudian anak bisa melanjutkan ke topik utama tentang perselingkuhan.

Pastikan anak dapat mengendalikan emosi dengan baik agar tidak memperkeruh keadaan.

Namun, jika orangtua menolak untuk diajak diskusi, jangan langsung emosi dan cobalah cari waktu yang lain karena kemungkinan orangtua masih belum siap.

3. Jangan memihak

Siapa pun pihak yang selingkuh dan diselingkuhi, anak harus harus bersikap netral. Berpihak di salah satu kubu justru akan semakin memperkeruh masalah. Meski sulit menahan emosi yang kian membara, beri waktu bagi kedua orangtua untuk menyelesaikan masalahnya sendiri secara dewasa.

BACA JUGA:Ayo Daftar! Grab Buka Beasiswa 2024 untuk SD SMP SMA dan S1 Sampai 30 Juni, Jangan Sampai Terlewatkan

Biarkan permasalahan ini menjadi tanggung jawab kedua orangtua. Jadi, anak tak perlu jadi agen mata-mata untuk mengumpulkan bukti salah satu orangtua yang kepergok selingkuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: