Iklan RBTV Dalam Berita

Bangunan Bersejarah di Kota Makassar, Ada Masjid hingga Gereja, Yuk Berwisata Sambil Belajar Sejarah

Bangunan Bersejarah di Kota Makassar, Ada Masjid hingga Gereja, Yuk Berwisata Sambil Belajar Sejarah

Bangunan tua dan bersejarah di Kota Makassar--

Salah satu bangunan sekolah yang usianya sudah begitu lama adalah Gedung SMP Negeri 5 Makassar. Sekolah ini dibangun pada tahun 1930-an.

Adalah perkumpulan Loen Djie Tong yang awalnya mendirikan sekolah ini untuk digunakan warga keturunan Cina di Makassar. Karena itu dulunya sekolah ini dikenal dengan nama Sekolah Loen Djie Tong.

Bangunan gedung ini terdiri dari 3 lantai dengan denah menyerupai huruf U. Bangunan utama terletak di bagian depan yang terdiri dari gedung kantor, ruang kelas dan perpustakaan. 

BACA JUGA:Lowongan Kerja dengan Peluang Gaji Rp 15 Juta per Bulan di InJourney, Dibuka Hingga 31 Juli

Adapun bangunan di bagian barat dan timur merupakan ruang kelas untuk kegiatan belajar mengajar.

Awalnya, sekolah ini difungsikan sebagai gedung sekolah dasar, sebelum akhirnya menjadi SMP Negeri 5 Makassar. Gedung SMP Negeri 5 Makassar ini terletak di Jalan Sumba No.15, Pattunuang, Kecamatan Wajo, Kota Makassar.

16. Masjid Babul Firdaus

Bangunan tua dan bersejarah yang terakhir adalah Masjid Babul Firdaus. Menukil Jurnal Timpalaja berjudul Langgam Arsitektur Masjid Babul Firdaus-Mesjid Tertua di Makassar sebagai Infill Design, Babul Firdaus merupakan masjid tertua kedua yang diwariskan kerajaan Gowa setelah Masjid Tua Al-Hilal di Katangka.

Pada tahun 1989 Masehi, masjid ini dibangun oleh Raja Gowa ke-33 yaitu I Makkulau Daeng Serang karaeng Lembang Parang Sultan Husain Tumenanga ri' Bundu'na. 

Peresmiannya dilakukan pada tanggal 2 September 1895 Masehi yang bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Mulanya, Masjid Babul Firdaus dinamakan Masjid Mohamed. Bangunan ini menjadi saksi sejarah kerajaan Islam Gowa yang masih berdiri dan beroperasi hingga saat ini.

BACA JUGA:Dibuka Lowongan Kerja PT Kapal Api Global untuk Berbagai Posisi, Ini Syarat dan Link Pendaftaran Online

Masjid Babul Firdaus ini menggunakan banyak macam langgam arsitektur, namun secara umum masjid ini berlanggam arsitektur klasik dan modern. 

Bangunan utama masjid ini yang masjid merupakan bangunan bersejarah menggunakan gaya arsitektur nusantara yang masih kental dengan pengaruh hinduisme ditandai oleh adanya kuburan di belakang masjid.

Jika ingin berkunjung, masjid ini berlokasi di Jalan Kumala, Jongaya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: