Iklan dempo dalam berita

Siapkan Kartu ATM Kadaluwarsa dan KTP, Begini Cara Ganti Kartu ATM Expired

Siapkan Kartu ATM Kadaluwarsa dan KTP, Begini Cara Ganti Kartu ATM Expired

--

1. Kartu ATM Magnetic Stripe

Kartu ATM Magnetic Stripe adalah kartu debit yang lebih dulu dikeluarkan bank-bank di Indonesia. 

Ciri-ciri kartu ATM Magnetic Stripe dapat dilihat dari pola garis hitam memanjang yang terdapat pada bagian belakang kartu atau disebut sebagai pita.

BACA JUGA:Diduga Ini Penyebab Korban Kebakaran di Hibrida Gagal Menyelamatkan Diri

Kartu debit Magnetic Stripe menyimpan data nomor kartu, expire date, nama nasabah, dan data penting lainnya pada magnetic stripe atau pita hitam tersebut. 

Data-data ini akan terbaca ketika digesekkan di mesin ATM atau melakukan transaksi.

Sayangnya, kartu debit Magnetic Stripe memiliki beberapa kelemahan. Jika pita hitam pada kartu debit rusak, tergores, atau mengelupas, data-data tidak akan lagi bisa dibaca. 

BACA JUGA:Kebakaran di Hibrida 13 Kelurahan Sumur Dewa, 1 Orang Meninggal Dunia

Bila ini terjadi, nasabah pun harus segera melakukan penggantian kartu baru agar bisa kembali bertransaksi. Selain itu, kartu debit Magnetic Stripe juga mudah sekali digandakan. Terminal dan bank host pun tidak dapat memastikan keaslian kartu yang digunakan pada saat transaksi. 

Karena itu, pemilik kartu debit Magnetic Stripe sangat rawan terhadap pencurian data, skimming, dan penipuan.

BACA JUGA:Kantongi Rekomendasi PAN, Ini Pasangan Dedy Wahyudi di Pilwakot Bengkulu

Oleh sebab itu, Bank Indonesia mengeluarkan surat edaran BI No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit terkait pergantian kartu ATM Magnetic Stripe menjadi kartu debit chip.

2. Kartu ATM Chip

Kartu debit chip menggunakan teknologi yang lebih mutakhir daripada pendahulunya, kartu debit Magnetic Stripe. Kartu debit chip lebih aman terhindar dari pencurian data, skimming, dan penipuan.

Secara fisik, kamu dapat dengan mudah melihat chip pada kartu debit sebagai kotak kecil berwarna emas yang memiliki beberapa garis di bagian dalamnya, mirip seperti chip pada kartu SIM telepon seluler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: