Iklan dempo dalam berita

Fenomena Cek Khodam Viral di TikTok, Begini Tanggapan Psikolog NU

Fenomena Cek Khodam Viral di TikTok, Begini Tanggapan Psikolog NU

Fenomena Cek Khodam Viral di TikTok, Begini Tanggapan Psikolog NU--foto:ist

Sebenarnya kalau dilihat dari bahasa arab khodam itu artinya pembantu, dimana di Indonesia khodam tersebut malah dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis.

Banyak yang mengatakan, jika itu di anggap makhluk gaib yang tak kasat mata, yang membantu seseorang atau menjadi penjaga. Namun itu juga menjadi perdebatan antara masyarakat ke masyarakat, terlebih di media aplikasi TikTok. Namun begitu banyak masyarakat yang mengatakan ini hanyalah hiburan semata.

BACA JUGA:Dilindungi Khodam Naga Emas, Katanya Orang yang Lahir Bulan September Dapat Bertindak Tanpa Belas Kasihan

Pengguna terlebih TikTok yang menonton siaran langsung sang pemilik akun Khodam, dan berikutnya para penonton menuliskan nama di kolom komentar selama live berlangsung. Dan nanti akan dibacakan, dan di sebutkan apa saja khodam yang ada di tubuh penonton misalnya “Rahmat memiliki khodam elang, mirza memiliki khodam nyoblorong, Dika memiliki khodam harimau” dan lain lain. 

Namun hal yang menarik dari siaran langsung tersebut adalah si pembaca Khodam sama sekali tidak memperlihatkan wajahnya seperti live live TikTok pada umumnya, hanya suara saja. 

Tren ini adalah hiburan semata, dan hanya untuk bahan lelucon saja, oleh karena itu, para pengguna media sosial terutama TikTok, tak perlu menganggap serius informasi tentang nama khodam yang disajikan.

BACA JUGA:Diyakini Kaya Raya hingga Akhir Hayat, Ternyata Orang yang Lahir Bulan Agustus Dijaga Khodam Eyang Semar

Tanggapan Psikolog NU

Menanggapi fenomena ini, Psikolog Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia), Maryam, mengatakan bahwa cek khodam yang viral di media sosial tersebut bukanlah masalah yang besar jika hanya dilakukan untuk bersenang-senang.

“Karena rasa ingin tahu yang besar saja kalau menurut saya, sekadar iseng. Kalau dampak saya rasa mungkin bisa jadi semacam kepercayaan, karena ini juga terkait dengan budaya dan spiritualitas,” katanya, dilansir dari laman NU Online,

“Tentu dampaknya sudah perlu ditangani lebih lanjut, jika ada indikasi ke arah gangguan seperti adanya halusinasi atau sulit membedakan antara dunia nyata dengan hal-hal yang bersifat ghaib,” sambungnya.

BACA JUGA:Utusan Khusus Presiden Kunjungi Seluma, Ini Pesan Mardiono

Itulah fenomena cek khodam viral di TikTok, serta tanggapan psikolog Nahdlatul Ulama (NU).

 

(Novan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: