Iklan dempo dalam berita

Jabatan Kades Jadi 8 Tahun, Apakah Masa Jabatan BPD Juga Bertambah? Begini Penjelasannyanya

 Jabatan Kades Jadi 8 Tahun, Apakah Masa Jabatan BPD Juga Bertambah? Begini Penjelasannyanya

Masa Jabatan BPD--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Jabatan Kades jadi 8 tahun, apakah masa jabatan BPD juga bertambah? Begini penjelasannya.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Perubahan Kedua Atas Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menjadi Undang-undang (UU) Desa, Kamis (28/3).

BACA JUGA:Kucing Peliharaan Mati Pertanda Apa? Ini 5 Mitosnya, Konon Ada Pertanda Buruk

Salah satu poin penting dari UU Desa adalah masa jabatan kepala desa yang bertambah. DPR sepakat untuk mengubah masa jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 8 tahun dan dapat dipilih paling banyak untuk 2 kali masa jabatan.

Mengenai aturan terbaru itu, banyak yang bertanya mengenai nasib Badan Permusyawaratan Desa (BPD), apakah masa jabatannya juga bertambah?

BACA JUGA:Menelusuri Fenomena Remaja Jompo, Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya!

Untuk mendapatkan jawabannya simak pengaturan BPD yang termuat dalam perubahan undang-undang desa berikut:

1. Masa Jabatan BPD

Berdasarkan ketentuan Pasal 56 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2023 disebutkan bahwa anggota Badan Permusyawaratan Desa merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah yang pengisiannya dilakukan secara demokratis dengan memperhatikan 30% (tiga puluh persen) keterwakilan perempuan.

Selanjutnya, dalam ayat 2 dikatakan bahwa masa keanggotaan Badan Permusyawaratan Desa selama 8 (delapan) tahun terhitung sejak tanggal pengucapan sumpah/janji dan dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama.

Kemudian, mengenai masa keanggotaan BPD, dalam ayat 2 diuraikan bahwa Anggota Badan Permusyawaratan Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dipilih untuk masa keanggotaan paling banyak 2 (dua) kali secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.

Artinya, bila kita menarik sebuah kesimpulan. Antara masa jabatan kepala desa dan BPD itu sama ya. Sama-sama diperpanjang menjadi 8 tahun dengan 2 periodesasi pemilihan.

BACA JUGA:8 Ciri Kucing Mau Mati, Jangan Disepelekan, Ini Cara Merawatnya

2. Gaji Badan Permusyawaratan Desa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: