Iklan dempo dalam berita

Bukan Sembarang Pembatas! Ternyata Ini 4 Fungsi Guard Rail di Jalan Tol

Bukan Sembarang Pembatas! Ternyata Ini 4 Fungsi Guard Rail di Jalan Tol

Fungsi Guard Rail di Jalan Tol--

Keberadaan guard rail di jalan tol merupakan salah satu aspek penting dari infrastruktur keselamatan jalan yang sering kali tidak kita sadari peranannya.

Dengan fungsi yang kompleks dan material yang dirancang khusus, guard rail mampu memberikan perlindungan ekstra yang sangat dibutuhkan di jalan raya.

Meskipun kita jarang memperhatikan mereka saat berkendara, guard rail terus berfungsi secara diam-diam untuk menjaga keselamatan kita setiap hari.

BACA JUGA:Ini 3 Kementerian dengan Formasi CPNS dan PPPK Terbanyak Tahun 2024, Kamu Incar yang Mana?

Pagar pembatas ini digunakan untuk sisi kiri dan kanan jalan lurus serta pemisah antara jalan dengan fasilitas lain, meliputi pejalan kaki, jalur khusus sepeda dan sejenisnya.

Pagar-pagar pembatas ini juga dilengkapi dengan tanda yang berbahan reflektif, dengan warna merah jika berada di sisi kiri arah lalu lintas, dan warna putih jika berada di sisi kanan arah lalu lintas.

Bahan reflektif ini membuat pembatas bisa terlihat oleh pengguna jalan walaupun pada malam hari, karena sifatnya memantulkan cahaya dari lampu depan mobil.

Penempatan guard rail juga tidak sembarangan namun mempertimbangkan beberapa kriteria, seperti jarak ruang bebas yang tersedia untuk mengakomodir defleksi pagar saat terjadi tabrakan, kekuatan bahan, hingga kondisi geografi.

BACA JUGA:Daftar Pinjol Berizin OJK Terbaru yang Berlaku Juli 2024, Cek Sekarang

Berikut ini Macam – macam pengaman jalan selain guard rail:

1. Penghalang beton

Concrete jersey barrier lebih dikenal dengan penghalang beton. Pengaman jalan raya jenis ini lebih banyak dipakai di jalan raya besar untuk memisahkan jalur kanan dan kiri.

2. Pagar kabel

Wire rope atau disebut juga wire rope safety barrier adalah pagar pengaman jalan raya yang terbuat dari kabel baja.

Fungsi utamanya sama dengan yang lain, yakni menahan kendaraan yang menabraknya agar tidak melompat ke jalur lain atau keluar dari area jalan.

BACA JUGA:Belum Banyak Pesaing, Intip 10 Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: