Iklan dempo dalam berita

Simak, Ini Arti Warna Pada Rambu di Jalan Tol! Pahami Demi Keselamatan dan Kenyamanan Bekendara

Simak, Ini Arti Warna Pada Rambu di Jalan Tol! Pahami Demi Keselamatan dan Kenyamanan Bekendara

Arti Warna Pada Rambu di Jalan Tol--

Dengan demikian, rambu biru berfungsi ganda, baik sebagai penunjuk arah maupun informasi penting lainnya yang harus diketahui oleh pengendara.

BACA JUGA:Belum Banyak Pesaing, Intip 10 Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar

2. Palang Hijau

Rambu atau palang jalan berwarna hijau merupakan rambu petunjuk, berdasarkan Pasal 20. Palang ini berwarna latar hijau dengan tulisan, simbol, dan garis tepi berwarna putih.

Biasanya, rambu hijau diletakkan pada kawasan sebelum daerah yang dituju. Rambu hijau menandakan bahwa pengendara masih dapat melewati jalan lain yang masih mengarah ke daerah yang dituju.

Menurut Pasal 18, rambu petunjuk berfungsi memandu pengguna jalan saat melakukan perjalanan atau untuk memberikan informasi lain kepada pengguna jalan.

Rambu petunjuk digunakan untuk berbagai tujuan, seperti pendahulu jurusan, petunjuk jurusan, batas wilayah, batas jalan tol, lokasi utilitas umum, lokasi fasilitas sosial, pengaturan lalu lintas, hingga papan nama jalan.

Dengan adanya rambu hijau, pengendara dapat mengetahui informasi yang lebih mendetail mengenai rute yang akan mereka tempuh, sehingga perjalanan menjadi lebih terarah dan terencana.

BACA JUGA:Peluang Usaha Warmindo Modal Kecil Untung Berkali Lipat, Bisa Dicoba

3. Palang Coklat

Palang coklat juga tergolong ke dalam rambu petunjuk, namun ditujukan khusus untuk tempat wisata. Rambu ini berlatar warna coklat dengan garis tepi, tulisan, lambang, dan angka putih.

Berdasarkan Pasal 20 ayat 6, tertera bahwa simbol atau lambang pada rambu coklat menyesuaikan dengan kearifan lokal setempat. Dengan adanya rambu coklat, pengendara yang berniat mengunjungi tempat wisata dapat lebih mudah menemukan lokasi yang dituju.

Rambu coklat ini juga memberikan informasi penting mengenai fasilitas dan atraksi yang ada di kawasan wisata tersebut.

BACA JUGA:Bukan Sembarang Pembatas! Ternyata Ini 4 Fungsi Guard Rail di Jalan Tol

Pentingnya Memahami Rambu Lalu Lintas di Jalan Tol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: