Iklan dempo dalam berita

Tidak Semua Usaha Masuk Kategori UMKM, Ini Jenis dan Contoh Usaha UMKM di Indonesia

Tidak Semua Usaha Masuk Kategori UMKM, Ini Jenis dan Contoh Usaha UMKM di Indonesia

Jenis dan Contoh Usaha UMKM di Indonesia--

Usaha di bidang kuliner atau makanan tidak ada habisnya. Usaha ini menjual berbagai jenis makanan (berat dan ringan) atau minuman. Usaha di bidang ini menjadi pilihan banyak orang ketika akan memulai sebuah usaha.

Hal ini terjadi karena makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok yang selalu dicari banyak orang.
Selain itu, kamu juga bisa memulai usaha kuliner dari rumah. Misalnya, membuka warung nasi, warung kopi, usaha katering, kue basah, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa di Kabupaten Cianjur Tahun 2024, Ini Desa dengan Dana Terbesar

2. Usaha bidang fashion

Usaha di bidang fashion juga banyak diminati oleh pelaku usaha. Kamu bisa menjalankan usaha fashion dengan memproduksi sendiri, menjadi reseller, dropshipper, atau menjual pakaian secondhand atau thrift shop.

Pakaian juga kebutuhan primer sehingga akan selalu ada orang yang membutuhkan produk yang kamu jual.
Beberapa produk yang bisa kamu jual adalah celana, baju, sepatu, tas, pakaian tidur, pakaian kerja, busana muslim, baju anak, baju bayi, dan lain sebagainya.

3. Toko kelontong

Toko kelontong adalah toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari. Ini juga merupakan contoh UMKM, khususnya usaha mikro.

Toko kelontong menyediakan berbagai kebutuhan banyak orang, misalnya minuman, makanan, alat mandi, dan lain sebagainya.

Meskipun saingannya terbilang banyak dan juga bersaing dengan minimarket, keberadaan toko kelontong tetap dibutuhkan. Kamu bahkan bisa membuka toko kelontong dengan memanfaatkan space yang ada di rumah.

BACA JUGA:Sepeda Listrik Uwinfly D7S Dibekali Fitur Canggih, Harganya Cuma Rp 3 Jutaan

4. Usaha kerajinan tangan

Usaha kerajinan tangan banyak ditemukan di daerah wisata. Biasanya kerajinan ini dijadikan cenderamata atau oleh-oleh atau souvenir.

Meski demikian, bukan berarti di luar daerah wisata bisnis ini tidak berpotensi. Ada beragam produk sehari-hari yang bisa dibuat dari kerajinan tangan, misalnya rajutan, lilin aromaterapi, makrame, dan lainnya.

5. Usaha laundry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: