Iklan dempo dalam berita

Cara Menghitung Restrukturisasi Kredit yang Perlu Diketahui Sebelum Pengajuan, Ini Jenis-jenisnya!

Cara Menghitung Restrukturisasi Kredit yang Perlu Diketahui Sebelum Pengajuan, Ini Jenis-jenisnya!

Cara Menghitung Restrukturisasi Kredit--

Biasanya, perpanjangan tenor ini juga disertai dengan penurunan suku bunga untuk meringankan beban debitur. Contohnya, jika awalnya jangka waktu kredit adalah 24 bulan, bisa diperpanjang menjadi 36 bulan.

BACA JUGA:Mengenal Sosok Lamine Yamal, Berhasil Pecahkan Rekor Milik Pele yang Bertahan Selama 66 Tahun

3. Pengurangan Tunggakan Bunga

Pengurangan tunggakan bunga adalah jenis restrukturisasi di mana kreditur memberikan pengurangan atau bahkan penghapusan tunggakan bunga yang belum terbayar oleh debitur. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban pembayaran yang harus ditanggung debitur, sehingga mereka dapat lebih fokus pada pembayaran pokok utang.

4. Pengurangan Tunggakan Pokok

Jenis restrukturisasi ini memberikan pengurangan jumlah tunggakan pokok kredit. Ini adalah bentuk keringanan yang paling maksimal karena biasanya diikuti dengan penghapusan bunga dan denda. Kreditur melakukan pengurangan pokok utang dengan tujuan untuk meringankan beban debitur secara signifikan.

5. Penambahan Fasilitas Kredit atau Pembiayaan

Penambahan fasilitas kredit dilakukan dengan harapan usaha debitur dapat berjalan kembali dan berkembang, sehingga menghasilkan pendapatan yang cukup untuk membayar hutang lama dan tambahan kredit baru.

Namun, pemberian tambahan fasilitas kredit harus dilakukan dengan analisa yang cermat mengenai prospek usaha debitur karena debitur akan menanggung hutang lama dan hutang baru.

BACA JUGA:Bocah Ajaib Spanyol yang Bersiap Tampil di Final Euro 2024 Lawan Inggris, Ini 7 Fakta Menarik Lamine Yamal

6. Konversi Kredit atau Pembiayaan Menjadi Penyertaan Modal Sementara

Jenis restrukturisasi ini diperuntukkan bagi debitur yang berbadan hukum atau yang berstatus perseroan terbatas. Konversi kredit menjadi penyertaan modal sementara berarti kreditur mengonversikan sejumlah nilai kredit menjadi saham pada perusahaan debitur (debt equity swap).

Dengan demikian, lembaga keuangan memiliki sejumlah saham pada perusahaan debitur dan utang debitur menjadi lunas.

BACA JUGA:Cara Cek Keaslian Sertifikat Emas Antam, Coba Periksa Koleksimu

Metode Restrukturisasi Kredit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: