Iklan dempo dalam berita

Bukan BRI, Ini Bank Terbesar di Indonesia 2024 dengan Aset Jumbo yang Dimiliki

Bukan BRI, Ini Bank Terbesar di Indonesia 2024 dengan Aset Jumbo yang Dimiliki

Bank Terbesar di Indonesia 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bukan BRI, ini bank terbesar di Indonesia 2024 dengan aset jumbo yang dimiliki.

Indonesia memiliki banyak bank besar yang berperan penting mendukung perekonomian negara.

Setiap bank memiliki fokus dan strategi yang berbeda untuk mencapai keunggulan kompetitifnya. Mereka bersaing untuk mencapai posisi terdepan dalam jumlah aset.

BACA JUGA:Mini-PC E10 ETBox, Kolaborasi Acer dan Chuwi yang Cocok untuk Multitasking

Aset bank menjadi salah satu indikator kinerja keuangan yang penting. Aset mencerminkan jumlah total nilai yang dimiliki bank dalam bentuk uang tunai, investasi, pinjaman, dan aset lainnya. Berikut daftar bank terbesar di Indonesia berdasarkan asetnya.

Meski, aset perbankan di Indonesia masih terkosentrasi di empat bank jumbo, yakni tiga bank milik negara (BUMN) dan satu bank swasta, akan tetapi hampir semua kelompok bank mengalami pertumbuhan asset.  

Dikutip dari laman CNBC Indonesia, berdasarkan Statistik Perbankan Indonesia yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK), total aset perbankan di Indonesia per Februari 2024 mencapai Rp 11.708,02 triliun, naik 6,95% secara tahunan (year-on-year/yoy) ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya Rp 10.947,53 triliun.

BACA JUGA:Gempa di Provinsi Bengkulu Selasa Pagi, Ini Titik Lokasi dan Kekuatannya

Sementara, bank bermodal inti di atas Rp 70 triliun atau kelompok bank dengan modal inti (KBMI) IV memiliki aset Rp 5.912,86 triliun, naik 8,21% yoy.  

Nilai aset keempat bank-bank jumbo itu bisa dibilang menguasai separuh aset perbankan di Indonesia alias mencapai 50,5% per Februari 2024. Kemudian, kelompok bank menengah yakni KBMI III memiliki aset Rp2.853,73 atau tumbuh 5,25%.

Selanjutnya, peningkatan pesat dialami KBMI III alias kelompok bank umum dengan modal inti antara Rp 6 triliun hingga Rp 14 triliun yang mampu menumbuhkan aset 17,47% secara tahunan menjadi Rp 1.603,47 triliun.

Namun, KBMI I justru mengalami penyusutan aset sebesar 4,9% menjadi Rp 1.337,97 triliun dibanding sebelumnya Rp 1.406,84 triliun.  

BACA JUGA:Fenomena Aphelion 2024, Benarkah Penyebab Cuaca Jadi Lebih Dingin?

Selama tiga bulan pertama 2024, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menjadi bank dengan raupan aset terbesar di Indonesia mengalahkan bank jumbo lainnya.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: