Iklan dempo dalam berita

Penerimaan Pajak 2024 Capai Rp149 Triliun, Inilah Penyumbang Terbesar di Indonesia

Penerimaan Pajak 2024 Capai Rp149 Triliun, Inilah Penyumbang Terbesar di Indonesia

Penerimaan Pajak 2024 Capai Rp149 Triliun, Inilah Penyumbang Terbesar di Indonesia--foto:ist

BACA JUGA:Tindak Lanjut Surat Pemberitahuan Tunggakan Pajak Rp 889 Juta, Ini yang Dilakukan Pemkab Seluma

4. Fungsi Stabilisasi

Kondisi ekonomi tak selalu stabil dan berjalan mulus. Pengumpulan pajak digunakan pula untuk menjaga kestabilan ekonomi.

Contohnya saat terjadi inflasi, pemerintah akan menaikkan pajak sehingga jumlah uang dapat terkendali dan harga barang pun cenderung stabil.

Sedangkan dalam kasus kelesuan ekonomi atau deflasi, pemerintah dapat menurunkan pajak sehingga uang yang beredar di masyarakat dapat terstimulasi serta masyarakat tidak merasa terlalu berat dalam menanggung pajak. 

Manajemen pajak dalam perusahaan bisa dianggap kompleks dan membutuhkan waktu ekstra untuk mengelolanya. 

Apalagi jika perusahaan Anda belum memiliki tim payroll yang ahli di bidangnya. Namun, masalah tersebut dapat diatasi dengan jasa Payroll Outsourcing dari LinovHR.

Dengan anggota tim Payroll Outsourcing yang bisa diandalkan, perusahaan anda tidak perlu khawatir dalam melakukan perhitungan dan pelaporan pajak.

Perhitungan payroll dipastikan akurat, karena menggunakan software payroll termutakhir. Cakupan perhitungan payroll juga sudah meliputi gaji pokok, tunjangan hingga pemotongan BPJS.

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu, Begini Cara Cek Tagihan Pajak Motor Mudah Tanpa Ribet, Bisa Melalui Hp!

Manfaat Pajak bagi Pemerintah

Banyaknya masyarakat yang belum taat membayar pajak disebabkan minimnya informasi masyarakat mengenai manfaat pajak. 

Sebaiknya pelajarilah manfaat dan fungsi pajak berikut ini agar lebih bijak dan taat pajak. Pajak sangat bermanfaat bagi negara. Secara lengkap pajak banyak digunakan untuk:

1. Membiayai pengeluaran-pengeluaran negara, seperti, pengeluaran yang bersifat self liquiditing. Contohnya, pengeluaran untuk proyek produktif barang ekspor.

2. Membiayai pengeluaran reproduktif, seperti, pengeluaran yang memberikan keuntungan ekonomis bagi masyarakat. Contohnya, pengeluaran untuk pengairan dan pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: