Iklan dempo dalam berita

PIN Polio Provinsi Bengkulu 2024 Resmi Dibuka Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Catat Jadwalnya

PIN Polio Provinsi Bengkulu 2024 Resmi Dibuka Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Catat Jadwalnya

PIN Polio Provinsi Bengkulu 2024 --

Sesuai laporan panitia pelaksana, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Mohammad Redhwan Arif, PIN Polio tahap 2 ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia dengan sasaran PIN Polio anak usia 0-7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

"Sasaran imunisasi Polio untuk Provinsi Bengkulu sebanyak 287.541 anak dengan target cakupan sekurang-kurangnya 95 persen untuk masing-masing putaran," sebut Redhwan.

BACA JUGA:Sebabkan TTS, Vaksin Astrazeneca Resmi Ditarik dari Peredaran

Vaksin polio ini, jelasnya, merupakan upaya untuk melindungi anak dari infeksi virus polio. Penyakit polio adalah penyakit menular yang menyerang sistem syaraf pusat.

"Sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem motorik, yang membuat penderitanya mengalami kelumpuhan pada anggota gerak," ungkapnya.

BACA JUGA:Ini Efek Samping Vaksin AstraZeneca, Mulai dari yang Umum hingga yang Sangat Jarang Terjadi

Virus ini sangat menular dan menyerang anak-anak terutama anak yang berusia di bawah 15 tahun. Namun Redhwan mengklaim untuk di Provinsi Bengkulu belum ditemukan penyakit Polio tersebut.

"Pelaksanaan Pin Polio dilakukan serentak di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu yang akan dimulai putaran 1 tanggal 23-29 Juli dan tahap 2 tanggal 6-12 Agustus 2024 tersebar di seluruh Puskesmas, PAUD, SD, Posyandu serta fasilitas kesehatan lainnya," demikian jelas Redhwan Arif.

BACA JUGA:Membanggakan Indonesia, Ini Sosok yang Ikut Andil Sebagai Penemu Vaksin Astrazeneca Temani Dame Sarah Gilbert

Adapun, Tim Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong telah menyatakan akan kesiapannya untuk mendukung dan menyukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2024. 

Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari surat Kementerian Kesehatan RI Nomor: IM.02.03/Menkes/311/2024 yang dikeluarkan pada tanggal 16 Mei 2024 mengenai pelaksanaan PIN untuk penanggulangan Kasus Luar Biasa (KLB) Polio.

BACA JUGA:Bebas Natrium, Ini Informasi Kandungan Dosis Vaksin Astrazeneca Penghalau COVID 19

Dilansir dari laman Bengkulu.kemenag.go.id, Pembina UKS MIN 1 Rejang Lebong, Sri Sundari, S.Pd, dalam wawancara di ruang kerjanya pada Senin (22/07), menyatakan bahwa MIN 1 Rejang Lebong siap untuk berpartisipasi dalam kegiatan besar tersebut. 

“Saat ini, data siswa yang akan mengikuti kegiatan ini telah dihimpun. Sebanyak 160 siswa-siswi kelas 1 dan 2 MIN 1 Rejang Lebong yang berusia maksimal 7 tahun 11 bulan 29 hari sampai tanggal 24 Agustus 2024 siap mengikuti kegiatan yang akan dilaksanakan pada Selasa (23/07),” ujar Sri Sundari.

BACA JUGA:Lulus BPOM, Ternyata Ini Efek Samping Pemberian Dosis Vaksin Astrazeneca

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: