Iklan dempo dalam berita

Viral! Tudingan Roti Aoka Mengandung Bahan Berbahaya, Komisi IX DPR Minta BPOM Klarifikasi

Viral! Tudingan Roti Aoka Mengandung Bahan Berbahaya, Komisi IX DPR Minta BPOM Klarifikasi

Tudingan Roti Aoka Mengandung Bahan Berbahaya--

PT IBF juga telah melakukan investigasi secara intensif terhadap penyebaran informasi menyesatkan tersebut.

"PT Indonesia Bakery Family selaku produsen roti Aoka merupakan produsen makanan yang sangat memperhatikan kualitas bahan baku, termasuk aspek kesehatan bagi konsumen. Aoka diproduksi dari bahan berkualitas, diproses secara higienis dan aman bagi kesehatan," ujar Kemas Ahmad Yani.

Meskipun pihak manajemen PT IBF sudah membantah adanya kandungan bahan berbahaya dalam roti Aoka, sejumlah pihak termasuk anggota Komisi IX DPR RI meminta BPOM segera memberikan kejelasan.

"Adanya pemberitaan ini tentu membuat khawatir masyarakat. Jangan dibiarkan masyarakat berlarut-larut bingung apakah roti ini aman atau tidak," kata Edy Wuryanto, anggota Komisi IX DPR RI.

Edy Wuryanto juga menambahkan bahwa jika isu ini tidak segera diluruskan, hal ini dapat merugikan pelaku usaha karena bisa jadi kehilangan kepercayaan konsumen. Terlebih, produk terkait sudah mengantongi izin edar BPOM yang terlihat dalam kemasan maupun saat dicek berkala di website resmi BPOM.

BACA JUGA:Pakar Feng Shui Sebut 5 Warna Rumah Berikut Ini Bisa Mendatangkan Rezeki, Apa Warna Rumahmu?

Regulasi Izin Edar BPOM

Dalam Pasal 34 Ayat (2) PP 86/2019 dijelaskan bahwa izin edar BPOM didapatkan dari hasil penilaian pangan, mutu, dan gizi pangan olahan yang diterbitkan oleh Kepala BPOM. Klarifikasi dari BPOM diharapkan dapat memberikan ketenangan kepada masyarakat di balik polemik yang terjadi.

Edy Wuryanto juga mengingatkan masyarakat untuk selalu memperhatikan pangan yang dikonsumsi, termasuk memerhatikan label pada pangan dan bahan tambahan yang digunakan.

Aoka merupakan roti kemasan buatan pabrik PT Indonesia Bakery Family (IBF) yang berpusat di Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Produsen roti Aoka ini juga memiliki beberapa kantor cabang, termasuk di Cikancung, Kabupaten Bandung.

BACA JUGA:Sekilas Mirip, Ini 5 Ciri-ciri Uang Palsu dan Cara Menghindarinya, Jangan Tertipu!

Profil PT Indonesia Bakery Family (IBF)

Tidak banyak informasi yang jelas mengenai PT IBF, namun perusahaan ini dipimpin oleh Li Shou Zan.
Dalam pernyataan resmi perusahaan, Shou Zan menegaskan bahwa kabar liar tersebut merupakan bentuk persaingan bisnis yang tidak sehat.

"Dengan adanya berita bohong/hoax dan fitnah terhadap merek kami roti Aoka, maka patut diduga adanya orang yang berniat jahat dan merasa terganggu dan kalah dalam persaingan di pasar dengan keberadaan produk kami atau persaingan yang tidak sehat," tegas Shou Zan dalam pernyataan tertulis yang disiarkan di Instagram perusahaan.

"Saat ini tim lawyer kami sedang mempersiapkan langkah-langkah hukum atas berita bohong/hoax dan fitnah yang telah disebarkan dan diduga oleh pihak-pihak tertentu," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: