Iklan dempo dalam berita

Hati-hati! Ini Bahaya Jejak Digital, Memudahkan Pencurian Data Pribadi

Hati-hati! Ini Bahaya Jejak Digital, Memudahkan Pencurian Data Pribadi

Bahaya Jejak Digital--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Hati-hati! Ini bahaya jejak digital, memudahkan pencurian data pribadi.

Media sosial adalah platform tempat berbagi segala sesuatu, baik itu belajar, berinteraksi memperluas pertemanan dengan orang di seluruh penjuru dunia dan juga bisa berfungsi sebagai media untuk mempromosikan atau berbisnis.

BACA JUGA:Olimpiade Paris 2024, Atlet Basket Berhijab Dilarang Bertanding: “Hati Saya Benar-benar Hancur”

Setiap pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan perangkat digital dan media sosial, sehingga dapat memanfaatkan informasi yang tersedia untuk konten positif dan membangun.

Namun dari aktivitas di media sosial, ada bahaya yang ditimbulkan dari jejak digital. Meliputi digital exposure, akses bebas dari orang-orang tidak bertanggung jawab. Hal ini bisa berakibat pada kerugian seperti pencurian identitas atau tindakan kriminal lainnya.

Apa Itu Jejak Digital?

Jejak digital adalah segala rekam jejak data seseorang saat berselancar di internet. Bentuknya bisa berupa unggahan di media sosial, ulasan di sebuah forum, atau aktivitas berbelanja di ecommerce.

Terkadang, pengguna internet bisa meninggalkan jejak digital secara tidak sadar. Misalnya, setelah mengizinkan website membaca cookies, website bisa menyimpan rekam jejak digital dan aktivitas online yang dilakukan pengunjungnya. Dengan data cookies tersebut, website akan merekomendasikan iklan yang mungkin Anda sukai.

BACA JUGA:5 Jenis Olahraga Mahal di Indonesia, Nomor 1 Dijuluki 'Old Money'

Perlu diketahui, jejak digital adalah hal yang sulit dihilangkan. Sesuatu yang diunggah seseorang bisa saja sudah dihapus, tetapi jejak digital tersebut tidak bisa hilang begitu saja. Apalagi jika orang lain masih memiliki unggahan tersebut dalam bentuk screenshot ataupun tautan.

Nah, untuk mengenal jejak digital lebih lanjut, kami akan membahas jenis-jenis jejak digital terlebih dahulu.

Jenis-jenis Jejak Digital

Ada 2 jenis rekam jejak digital yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Jejak Digital Aktif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: