Iklan dempo dalam berita

5 Cobaan Ini Ternyata Tanda Allah SWT Sedang Menaikan Derajat Hambanya, Jangan Putus Asa

5 Cobaan Ini Ternyata Tanda Allah SWT Sedang Menaikan Derajat Hambanya, Jangan Putus Asa

5 Cobaan Ini Ternyata Tanda Allah SWT Sedang Menaikan Derajat Hambanya--

Bersyukur atas cobaan adalah hal yang mungkin lebih sulit dari sekadar bersabar. Dijelaskan dalam buku 2 Syarat Utama Bahagia Dunia Akhirat: Sabar & Syukur (2016) oleh Haris Priyatna, sabar dan syukur adalah dua pilar iman.

Dua sikap ini sering disebut bersamaan di dalam Al-Qur'an, maka sabar dan syukur seperti dua sisi mata uang. Di antaranya dalam Surat Ibrahim ayat 5, Asy-Syura ayat 33, Saba' ayat 19, dan Luqman ayat 31.

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di DANA Tanpa Paylater, Bisa Cair Rp 500 Ribu, Nikmati Keuntungannya!

Dikutip dari NU Online, membiasakan diri bersyukur adalah ciri orang beriman. Syukur tidak hanya dilakukan saat mendapatkan nikmat atau kebahagian, tetapi di dalam semua kondisi.

"Bahwa apapun yang diberikan Allah kepada kita, kita harus syukuri, sehingga kita akan meraih kebahagiaan kehidupan kita baik dunia maupun di akhirat," jelas Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak.

BACA JUGA:Kocak! Pelaku Kriminal Ini BAB di Dalam Mobil saat Ditangkap, Polisi Auto Ngakak Sambil Tahan Bau

4. Berbaik Sangka kepada Allah

Cobaan yang berat jangan sampai membuat kita berburuk sangka kepada Allah SWT. Justru kita harus berbaik sangka kepada Allah yang memiliki sifat rahman dan rahim.

Allah pun memiliki cara tersendiri dalam menyayangi hamba-Nya, salah satunya dengan memberikan cobaan hidup. "Jadi, kita harus yakin bahwa apa yang diberikan oleh Allah itu adalah yang terbaik untuk kita. Kalau sudah begitu, insyaallah kita akan bahagia," tuturnya.

BACA JUGA:Letkol Octo Sahat M. Manurung Jabat Komandan Lanal Bengkulu

5. Mencari Hikmah di Balik Musibah

Selain berbaik sangka, seorang muslim juga harus mencari hikmah di balik musibah yang dia alami. Seorang muslim yang mampu mengetahui hikmah dari musibah, akan memiliki ketangguhan mental.

Hikmah dari menghadapi cobaan dengan sabar antara lain diampuninya dosa-dosanya. Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah seorang muslim tertimpa musibah tertusuk duri atau lebih dari itu, kecuali dengannya Allah akan menghapus sebagian dosanya." (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Karena Tersinggung, Nyawa Dua Pemuda Bengkulu Selatan Melayang, Tersangkanya Delapan Orang

6. Memperbanyak Berdoa dan Berdzikir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: