Iklan dempo dalam berita

9 Dampak Susu Formula untuk Bayi 0-6 Bulan, Bisa Picu Infeksi Saluran Pernafasan

9 Dampak Susu Formula untuk Bayi 0-6 Bulan, Bisa Picu Infeksi Saluran Pernafasan

Dampak Susu Formula untuk Bayi 0-6 Bulan--

Selain itu, ciri-ciri lain bahwa bayi terkena diare akibat susu formula adalah feses yang berwarna hijau yang menunjukkan kondisi pencernaan yang tidak sehat. Hal ini tentunya sebisa mungkin harus dihindari oleh orang tua. Agar bayi dapat tumbuh sehat dan tetap kuat dalam menjalani pertumbuhan dan perkembangannya.

2. Menyebabkan Infeksi Saluran Pernafasan

Dampak lain yang mengancam dari pemberian susu formula pada bayi 0-6 bulan adalah terjadinya infeksi saluran pernafasan. Saluran pernafasan yang terkena infeksi dikenal dengan penyakit bernama ISPA.

Penyakit ini dapat menyerang bayi akibat daya tahan tubuh yang terus berkurang. Bayi yang tidak mengonsumsi ASI diketahui memang rentan akan infeksi pada saluran pernafasan. Itulah sebabnya, paling tidak bayi harus tetap mengonsumsi ASI.

BACA JUGA:BRI Buka Lowongan Kerja di Bulan Agustus 2024! Ini Syarat dan Link Pendaftarannya

3. Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung pada Bayi

Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, susu formula ternyata dapat meningkatkan tekanan darah hingga kerja jantung pun menjadi semakin meningkat.

Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan bayi yang baru lahir. Itulah sebabnya, konsumsi dari susu formula dapat meningkatkan resiko bayi terkena penyakit jantung. Resiko ini harus diminimalisir sedini mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Meningkatkan Resiko Penyakit Asthma

Penyakit asthma adalah salah satu dampak yang dapat dihasilkan dari pemberian susu formula di usia bayi yang masih terlalu dini. Tanpa konsumsi ASI dan hanya konsumsi susu formula, daya tahan tubuh bayi akan terus menurun.

Hal ini kemudian dapat menimbulkan bahaya seperti terjangkitnya bayi pada penyakit asthma. Bayi pun akan mengalami kesulitan bernafas yang akan sangat mengkhawatirkan bagi anda sebagai orang tua.

5. Meningkatkan Peluang Bayi Kegemukan (Obesitas)

Kegemukan atau obesitas pada bayi sering terjadi. Hal ini diperkirakan sangat tinggi peluangnya pada bayi yang mengonsumsi susu formula dibandingkan ASI.
Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, bayi yang mengonsumsi susu formula berkisar antara 4.5% hingga 40% menderita obesitas. Oleh karena itu, hindarilah bayi anda dari obesitas dengan tidak mengonsumsi susu formula.

BACA JUGA:Pemerintah Larang Produsen Susu Formula Promosi Lewat Diskon, Ternyata Ini Alasannya

6. Menyebabkan Infeksi Akibat Susu yang Tercemar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: