Iklan dempo dalam berita

Petani Kopi Mulai Cemas, Harga Kopi Robusta Mulai Turun, Segini Harganya Per Kg

Petani Kopi Mulai Cemas, Harga Kopi Robusta Mulai Turun, Segini Harganya Per Kg

, Harga Kopi Robusta Mulai Turun--

1. Sortir Kopi

Hal pertama yang bisa dilakukan dalam pengolahan kopi Robusta adalah dengan cara menyortir biji kopi. Pilihlah biji kopi yang sesuai standar dan tidak cacat, serta sortasi dengan cara membersihkannya dari mengomel, daun dan lainnya. Kotoran tersebut harus segera dibuang agar tidak merusak mesin pengupas.

BACA JUGA:Profil Angela Tanoesoedibjo, Putri Konglomerat Lulusan Luar Negeri yang Ditunjuk Jadi Ketum Perindo

2. Kupas Kulit Kopi

Setelah dilakukan penyurtiran, langkah selanjutnya adalah mengupas kulit kopi dengan mesin yang tersedia. Pastikan untuk memisahkannya berdasarkan ukuran biji agar mendapat ukuran yang sesuai.

3. Pencucian Biji Kopi.

Tidak hanya mengupasnya, biji kopi harus dilakukan pencucian yang bersih untuk menghilangkan sisa lendir pada kulit. Pencucian bisa dilakukan secara manual untuk kapasitas kecil, yaitu menggunakan ember.

BACA JUGA:Per Agustus 2024, Ini Daftar Layanan Kesehatan yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan, Apa Saja?

4. Proses Basah Robusta (RWP)

Berlanjut pada penerjemahan kopi Robusta, yaitu RWP atau Robusta Wet Process. Dengan cara ini biji kopi akan dilakukan pengupasan kulit dan pencucian hinga bersih, dimana air merupakan kunci utama dalam proses ini. Namun harus berhati-hati saat mengolahnya, karena jika terkontaminasi jamur membuat cita rasa kopi jadi berubah dan tidak enak.

BACA JUGA:Fenomena Hujan Meteor 2024, Ini Tanggal Perkiraan Hujan Meteor Perseid di Bulan Agustus 2024

5. Proses Kering Robusta

Proses pengolahan kopi yang satu ini melalui tahapan tanpa pengupasan kulit ataupun pencucian, karena nantinya akan langsung dikeringkan dengan panas terik matahari. 

Namun sayangnya membutuhkan waktu yang cukup lama dan tergantung dengan cuaca yang ada, yaitu sekitar 15 hari hingga 20 hari loh.

BACA JUGA:Jelang Pelantikan, Anggota DPRD Terpilih Ditahan Kejari Kaur Atas Kasus Korupsi, Begini Nasibnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: