Iklan dempo dalam berita

Angela Carini Mundur Usai Lawan Petinju Transgender di Olimpiade Paris 2024, IBA Angkat Bicara

Angela Carini Mundur Usai Lawan Petinju Transgender di Olimpiade Paris 2024, IBA Angkat Bicara

Angela Carini Mundur Usai Lawan Petinju Transgender di Olimpiade Paris 2024--

BACA JUGA:Hindari Kelumpuhan, Pemkot Bengkulu Minta Masyarakat Gunakan Program Vaksin Polio Gratis di Puskesmas

Khelif sempat datang untuk menanyakan keadaan lawannya. Namun di sisi lain, Carini yang merasa patah hati justru menolak untuk menjabat tangan lawannya karena rasa sakit hati di pertandingan yang kurang adil itu.

Carini pun menjelaskan alasannya mundur adalah karena pertandingan yang dirasa kurang adil.
Petinju Italia itu memilih untuk menyelamatkan dirinya dari cedera yang lebih parah karena pukulan Khelif jauh lebih keras dari pukulan wanita pada umumnya.

Meski begitu, Carini tidak ingin menghakimi apakah pertarungannya dengan petinju transgender asal Aljazair itu adil atau tidak. Yang penting baginya, ia bisa meninggalkan ring dengan kepala yang tegak.

“Bagi saya, ini bukan kekalahan – bagi saya, jika Anda naik ring, Anda sudah menang, terlepas dari segalanya. Saya tidak di sini untuk menghakimi (Khelif laki-laki atau perempuan). Bukan hak saya untuk mengatakan apakah ini adil atau tidak. Saya hanya melakukan tugas saya. Saya berhasil keluar dengan kepala tegak," katanya.

BACA JUGA:Miris! Tidak Ada Biaya Operasi, Bapak dan Anak Korban Tragedi Berdarah di Seluma Dibawa Pulang

IBA Angkat Bicara

Sementara itu, Asosiasi Tinju Internasional (IBA) kini mengklarifikasi alasannya mendiskualifikasi dua pesaing Olimpiade di tengah meningkatnya kontroversi mengenai keputusan Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang mengizinkan mereka bertarung di Olimpiade Paris tahun ini.

IOC memaafkan keputusannya untuk mengizinkan petinju kontroversial itu bertarung, dengan mengklaim bahwa mereka telah menerima petinju Taiwan Lin Yu-ting dan Imane Khelief dari Aljazair berdasarkan aturan IBA tahun 2016, yang kemudian mengizinkan keduanya bertarung di bawah IBA.

Namun, IBA mengubah peraturannya pada tahun 2022, dan sejak itu, kedua petinju tersebut didiskualifikasi dari berpartisipasi dalam acara yang disetujui IBA.

Presiden IBA Omar Kremlin menjelaskan keputusan tersebut saat itu, menurut kantor berita Rusia Tass, mengutip Fox.

“Berdasarkan tes DNA, kami mengidentifikasi sejumlah atlet yang mencoba mengelabui rekannya agar menyamar sebagai perempuan. Berdasarkan hasil tes, terbukti mereka memiliki kromosom XY. Atlet seperti itu dikeluarkan dari kompetisi,” kata Kremlin dikatakan.

BACA JUGA:Hadir Dalam Suka dan Duka, Pemda Kota Bengkulu Selenggarakan Tabligh Musibah Warga Kota Bengkulu

IOC mengumumkan bahwa karena Yu-Ting dan Khelief sama-sama mengaku sebagai perempuan, IOC harus mengizinkan mereka berkompetisi di kategori putri.

Namun sejak itu, Khalif tampil dalam pertarungan pertamanya melawan petinju Italia Angela Carini di divisi wanita di Paris dan mengalahkan petinju Italia itu hanya dalam waktu 46 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: