Iklan dempo dalam berita

BMKG Ingatkan Ingatkan Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Sejumlah Daerah

BMKG Ingatkan Ingatkan Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Sejumlah Daerah

BMKG Ingatkan Ingatkan Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Sejumlah Daerah--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMbmkg ingatkan ingatkan potensi hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah daerah.

Sejumlah daerah di Indonesia bakal berpotensi ada hunan lebat disertai dengan angin kencang di sejumlah daerah.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini berupa potensi hujan ringan, sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di berbagai kota besar di Indonesia pada Kamis.

BACA JUGA:Cuaca La Nina Diprediksi Terjadi 3 Bulan, BMKG Sebut Ada Potensi Kemarau Basah

Dikutip dari laman resmi BMKG di Jakarta, Prakirawan Bagas Brilano menerangkan peningkatan kecepatan angin hingga lebih dari 25 not terpantau di Laut Andaman, Samudera Hindia Barat Daya Sumatera, Laut Banda, Laut Arafuru, Laut Flores, Laut Timur, dan perairan Selatan Papua.

Oleh karena itu, pihaknya memprakirakan beberapa kota besar akan berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, yakni Medan, Mataram, Palangkaraya, Banjarmasin, Mamuju, Palu.

BACA JUGA:Cuaca Hujan dengan Intensitas Tinggi, BMKG Prediksi Beberapa Daerah yang Berpotensi Banjir di Bulan Agustus

Sementara itu, BMKG juga memprakirakan beberapa kota besar lainnya akan mengalami hujan ringan hingga sedang, yaitu Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, Pangkal Pinang, Bandung, Samarinda, Pontianak, Tanjung Selor, Makassar, Kendari, Ternate, Sorong, Nabire, Ambon, Jayapura, Jayawijaya, Merauke.

Adapun beberapa kota besar lainnya diprakirakan hanya akan mengalami kondisi berawan pada hari ini, meliputi Tanjung Pinang, Jambi, Bengkulu, Palembang, Lampung, Serang, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Kupang, Denpasar, Manado, Gorontalo, Manokwari.

BACA JUGA:LA Nina Mulai Datang, BMKG Sebut Wilayah Ini Sering Diguyur Hujan

Untuk prakiraan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia, BMKG memprakirakan umumnya berada di kisaran 0.5 hingga 2.5 m. BMKG juga memberikan himbauan waspada tinggi gelombang 2.5 hingga 4 m di wilayah perairan Barat Pulau Enggano hingga Lampung, Samudra Hindia Barat Mentawai hingga Lampung, Selat Sunda bagian Selatan dan Samudra Hindia Selatan Jawa hingga Pulau Sumba.

Selain itu, pihaknya juga mewaspadai adanya wilayah yang berpotensi sangat mudah terbakar di sebagian besar wilayah Sumatera kecuali Sumatera Barat, wilayah sebagian Jawa, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Gorontalo dan juga Papua Bagian Selatan.

BACA JUGA:Peringatan BMKG Potensi Bencana Hingga 3 Agustus 2024, Ini Kabupaten yang Harus Siaga

Dampak La Nina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: