Iklan dempo dalam berita

Ada Tol Bengkulu-Lampung, Ini Daerah yang Bakal Dilintasi Tol Bengkulu-Lampung

Ada Tol Bengkulu-Lampung, Ini Daerah yang Bakal Dilintasi Tol Bengkulu-Lampung

Daerah yang dilintasi jalan tol Bengkulu-Lampung--

BACA JUGA:Terbongkar!!! Ini Penyebab Jalan Tol Palembang-Betung Belum Selesai, PT. Hutama Karya Akhirnya Bicara Jujur

Pada tahap pertama pembangunan dilakukan selama empat tahun, yakni pada tahun 2030-2034. Kemudian dilanjutkan ke tahap kedua, juga empat tahun berikutnya, 2035-2039. 

Di tahun 2030-2034 bakal dibangun jalan tol ruas Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung-Padang Cermin, Pesawaran -Sp Kota Agung, Tanggamus sepanjang 152 KM. Kemudian Pelabuhan Panjang-Lematang, Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan sepanjang 11 Km. Terakhir Bandar Lampung (SS Natar)-Kota Agung, Tanggamus sepanjang 90 Km. 

Kemudian pada tahap dua, 2035-2039. Di empat tahun kedua ini pemerintah merencanakan pembangunan jalan tol ruas Bengkulu-batas Provinsi Lampung sepanjang 1 Km. Kemudian Bengkunat, Pesisir Barat-batas Provinsi Lampung/Bengkulu sepanjang 180 Km. Terus Kota Agung-Bengkunat dengan panjang 60 Km. 

BACA JUGA:Proyek Tak Kunjung Usai, Ruas Jalan Tol Ini Berubah Fungsi Jadi Arena Balapan Liar

Dengan adanya rencana ini Pemkab Pesisir Barat Provinsi Lampung tentu saja menyambut baik. 

Jika dibangun jalan tol, membuat akses menuju Pesisir Barat dapat ditempuh dalam waktu yang relatif jauh lebih singkat dan akan banyak memberikan dampak positif terhadap kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut berdasarkan hasil kajian ekonomi baru, bahwa aglomerasi pertumbuhan perekonomian terhadap tiga provinsi yang dilewati jalan tol tersebut yaitu Palembang, Bengkulu, dan Lampung. 

Untuk Pesisir Barat sendiri mulai dari akses para pelancong yang ingin berwisata ke Pesisir Barat aksesnya jauh lebih cepat, begitu juga dengan mobilisasi hasil bumi yang akan dijual keluar daerah Pesisir Barat.

Selanjutnya terbukanya berbagai jenis lapangan pekerjaan oleh masyarakat di beberapa titik rest area, serta diyakini bisa menghidupkan aktivitas penerbangan Bandara Muhammad Taufiq Kiemas.

BACA JUGA:Sungguh Tega, Seorang Ayah Siksa dan Gantung Anak Kandungnya, Ini Motifnya

Sebelumnya diperkirakan proyek jalan tol Bengkulu-Lampung ini sangat mungkin dilakukan dalam waktu dekat karena sekarang Provinsi Lampung merupakan provinsi yang telah menuntaskan proyek jalan tol 100 persen.

Keinginan pembangunan jalan tol Bengkulu-Lampung ini muncul dari keinginan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat yang berharap ada jalan penghubung lain di Lampung dan melintas di Kabupaten Pesisir Barat.

Seperti diketahui, saat ini tol Lampung hanya terhubung dengan Sumatera Selatan yang tidak melintasi Kabupaten Pesisir Barat.

Sementara selain berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Lampung juga berbatasan dengan Provinsi Lampung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: