Iklan dempo dalam berita

Heboh, Air Sumur Berasap dan Suhu Panasnya Capai 58 Derajat Celcius, Kok Bisa?

Heboh, Air Sumur Berasap dan Suhu Panasnya Capai 58 Derajat Celcius, Kok Bisa?

Viral, Air Sumur Berasap --

Kekhawatiran Warga

Fenomena ini membuat warga perumahan Mutiara Citra Asri sedikit cemas. Pasalnya, beberapa tahun yang lalu mereka juga pernah mengalami trauma akibat semburan lumpur panas di daerah tersebut. “Semoga fenomena ini cepat berakhir, karena warga ini masih trauma dengan semburan lumpur yang terjadi belasan tahun yang lalu,” tandas Supriyono.

Kronologi Kejadian

Sumur berasap ini pertama kali diketahui oleh warga setempat pada Selasa (6/8) malam sekitar pukul 20.00 WIB. Arianto, salah seorang warga yang tinggal di dekat balai RW 5, merasa penasaran dan memutuskan untuk memberitahu tetangganya. 

“Kejadian itu mulai Selasa kemarin malam sekitar pukul 20.00 WIB, setelah merasa penasaran saya sampaikan ke warga yang lainnya,” kata Arianto pada Rabu (7/8/2024).

BACA JUGA:Cara Ajukan Pinjaman Mandiri Rp 100 Juta Tanpa Jaminan, Proses Cair Cepat

Spekulasi Penyebab

Meskipun hingga saat ini belum ada penjelasan resmi mengenai penyebab fenomena ini, berbagai spekulasi muncul di kalangan warga. 

Beberapa warga menduga bahwa fenomena ini mungkin disebabkan oleh aktivitas geothermal di bawah permukaan tanah. Aktivitas geothermal ini biasanya terjadi karena adanya retakan atau patahan di dalam tanah yang memungkinkan air panas dari dalam bumi keluar ke permukaan.

Ada juga yang menduga bahwa fenomena ini mungkin terkait dengan aktivitas vulkanik di wilayah tersebut. Namun, hingga saat ini belum ada bukti konkret yang mendukung teori tersebut.

BACA JUGA:Harga Xiaomi Agustus 2024 Terbaru, Lengkap dengan 5 Pilihan HP Xiaomi Terbaik di 2024

Penjelasan Ilmiah

Dalam ilmu geologi, fenomena air panas yang keluar dari sumur bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu penyebab umum adalah adanya aktivitas geothermal di bawah permukaan tanah. 

Aktivitas geothermal ini biasanya terjadi di daerah yang memiliki banyak retakan atau patahan di dalam tanah. Retakan ini memungkinkan air panas dari dalam bumi keluar ke permukaan. 

Fenomena ini juga bisa disebabkan oleh aktivitas vulkanik, terutama jika sumur tersebut berada di dekat gunung berapi. Air yang dipanaskan oleh magma di bawah permukaan bumi bisa mengalir ke sumur-sumur yang berada di dekatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: