Iklan dempo dalam berita

Daftar Sederet Tamu Undangan HUT RI di IKN, Intip juga Pakaian Adat yang akan Dikenakan Presiden

Daftar Sederet Tamu Undangan HUT RI di IKN, Intip juga Pakaian Adat yang akan Dikenakan Presiden

Daftar tamu undangan HUT RI ke-79 di IKN--ist

Tema perayaan HUT RI tahun ini adalah "Nusantara Baru, Indonesia Maju". Dalam setiap upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu mengenakan pakaian adat. 

Sejak tahun 2017, Jokowi telah mengenakan berbagai pakaian adat yang berbeda setiap tahunnya. Sebelumnya, pada 2015 dan 2016, Jokowi masih mengenakan pakaian formal berupa jas. Prediksi pakaian adat presiden HUT RI 79 pun banyak diperbincangkan.

Publik menantikan pakaian adat apa yang akan dikenakan oleh Presiden Jokowi pada upacara HUT RI ke-79 kali ini. Berikut prediksi pakaian adat presiden HUT RI 79 dilandir dari Liputan6.com, yakitu:

1. Baju Adat Miskat

Baju adat Miskat dulunya merupakan pakaian resmi Sultan Banjar. Untuk pria, baju ini terdiri dari lengan panjang dengan kancing miring ke kanan, dipadukan dengan celana panjang dan kopiah. 

Untuk wanita, baju ini juga berlengan panjang dengan kancing miring ke kiri, dipadukan dengan rok kurung panjang. Kesederhanaan dan kesan semi-casual membuatnya cocok untuk dikenakan dalam acara formal seperti upacara HUT RI.

BACA JUGA:Kabar Terupdate, Ini Jadwal Terbaru Pemutihan Pajak Kendaraan di Jawa Barat, Catat Syaratnya Berikut

2. Baju Adat Takwo

Baju adat Takwo adalah warisan Kesultanan Kutai yang dulunya hanya dikenakan oleh raja dan keturunannya. Terbuat dari kain beludru atau linen berwarna hitam dengan ukiran emas, baju ini menambah kesan mewah. 

Bagi pria, dipadukan dengan dodot bermotif batik dan celana panjang. Untuk wanita, dipadukan dengan rok kurung panjang.

3. Baju Adat Ta'a dan Sapei Sapaq

Baju adat Ta'a untuk wanita dan Sapei Sapaq untuk pria berasal dari Suku Dayak Kenyah. 

Terbuat dari kain beludru hitam dengan ornamen manik-manik, baju Ta'a berupa rompi tanpa lengan dan rok panjang bermotif, sementara Sapei Sapaq dipadukan dengan celana pendek. Aksesoris seperti mandau dan talawang menambah kesan tradisional.

4. Baju Adat Antakusuma (Kutai Kuning)

Baju adat Antakusuma adalah pakaian kebesaran bangsawan Kutai Kertanegara dengan warna dasar kuning dan aksesoris keemasan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: