Iklan dempo dalam berita

Daftar Sederet Tamu Undangan HUT RI di IKN, Intip juga Pakaian Adat yang akan Dikenakan Presiden

Daftar Sederet Tamu Undangan HUT RI di IKN, Intip juga Pakaian Adat yang akan Dikenakan Presiden

Daftar tamu undangan HUT RI ke-79 di IKN--ist

6. Tokoh Budaya

7. Pejabat TNI Polri ASN

8. Masyarakat Sekitar Istana Merdeka Jakarta

BACA JUGA:Bahaya! 8 Makanan Ini Dapat Menjadi Pemicu Kanker Otak, Nomor 7 Paling Sering Dikonsumsi

Nantinya, Upacara Detik-detik Proklamasi akan dimulai pukul 11.00 WITA di IKN atau 10.00 WIB di Istana Merdeka.

"(Upacara) Detik-detik Proklamasi dilaksanakan jam 11.00 WITA di IKN, 10.00 WIB di Jakarta," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahanto, Rabu (7/8/2024).

Dia mengatakan tata upacara militer akan dilakukan IKN. Hadi juga menyebut jika prosesi tata upacara militer, seperti pengibaran bendera pusaka akan sama dengan yang dilakukan saat upacara di Istana Merdeka tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, atraksi militer hanya dilakukan di IKN. Salau satunya, pertunjukan pesawat tempur dengan membawa bendera merah putih.

"Tata upacara militer sama dengan yang di Jakarta, termasuk di dalamnya ada dentuman meriam. Itu juga dilaksanakan dab tempatnya ada di sekeliling tempat upacara," jelas dia.

"Termasuk juga by pass pesawat tempur. rncananya ada banner bendera merah putih dibawa oleh helikopter militer. Ini nanti juga tampil sama percis dengan kegiatan-kegiatan di luar tata upacara militer. Juga ada aubade. Jadi sama seperti dilaksanakan di Jakarta," sambung Hadi.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya hanya menyiapkan 2.000 undangan untuk upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Pasalnya, sarana dan prasarana di IKN masih terbatas.

Nantinya, Istana akan membagi undangan untuk dua sesi yakni, 1.000 undangan untuk upacara pengibaran bendera pagi hari. Sementara itu, 1.000 undangan lainnya untuk upacara penurunan bendera sore hari.

"Semua ada keterbatasan, maka dari itu di IKN maupun di Jakarta upacara penyelenggaraan 17 Agustus dengan undangan kurang lebih di IKN kami mempersiapkan 1.000 di pagi hari, sore hari 1.000 plus yang 380 di main hall," jelas Heru sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (2/8/2024).

BACA JUGA:Lowongan Kerja BPJS Kesehatan Agustus 2024, untuk Lulusan D3 Semua Jurusan, Ini Link Pendaftaran

Sementara itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, pakaian adat presiden HUT RI ke-79 menjadi topik yang dicari oleh Masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: