Iklan dempo dalam berita

Konsumsi Cuka Apel dalam Islam, Halal Atau Haram?

Konsumsi Cuka Apel dalam Islam, Halal Atau Haram?

Konsumsi Cuka Apel dalam Islam, Halal Atau Haram?--foto:ist

Cuka apel dapat membantu mengatasi sembelit dengan meningkatkan populasi bakteri baik dalam usus. Cuka apel yang belum disaring, yang masih mengandung ampas berwarna cokelat, kaya akan probiotik yang mendukung pencernaan yang sehat dan membantu kelancaran buang air besar.

5. Mengatasi Masalah Diare

Pektin yang terbentuk selama proses fermentasi cuka apel dapat membantu memadatkan tekstur feses dan mengatasi diare. Cuka apel juga memiliki sifat antibakteri yang efektif dalam melawan bakteri penyebab diare seperti E. coli.

BACA JUGA:Cuka Apel Baik Untuk Kesehatan Tapi Tak Boleh Asal Pakai, 10 Dampak Negatif Pengunaan Cuka Apel

6. Berpotensi Membantu Mengatasi Obesitas

Kandungan asam asetat dalam cuka apel berpotensi mengurangi lemak tubuh dan peradangan yang terkait dengan obesitas, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian pada hewan. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan untuk memastikan manfaat ini.

7. Menunjang Kesehatan Jantung

Konsumsi cuka apel secara rutin dapat menurunkan kadar lipid dalam darah, yang penting untuk kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa cuka apel bisa mengurangi risiko obesitas dan penyakit jantung, meskipun dampaknya pada manusia masih perlu dikaji lebih lanjut.

8. Alternatif Pengobatan Psoriasis

Cuka apel memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu mengurangi iritasi dan gatal akibat psoriasis, terutama pada kulit kepala. Penggunaan cuka apel secara teratur telah terbukti mengurangi gejala psoriasis pada beberapa orang.

BACA JUGA:Sering Muncul di TikTok, Benarkah Cuka Apel Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Dampak Negatif Konsumsi Cuka Apel

Meskipun bermanfaat, konsumsi cuka apel yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan, seperti memperlambat pengosongan perut, memperburuk masalah pencernaan, merusak enamel gigi, menyebabkan luka pada kerongkongan, dan menurunkan kadar gula darah hingga menyebabkan hipoglikemia.

Demikianlah ulasan, konsumsi cuka apel dalam islam, halal atau haram.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: