Iklan dempo dalam berita

Hanya di Kabupaten Ini, Pilkadanya Kakak Melawan Adik Kandung dan Tante Melawan Keponakan

Hanya di Kabupaten Ini, Pilkadanya Kakak Melawan Adik Kandung dan Tante Melawan Keponakan

Perang saudara dalam Pilkada, Kakak melawan Adik Kandung, Tante melawan Keponakan--

Walaupun masih berkeluarga, ternyata mereka memilih jalan berbeda. Suwarti berpasangan dengan Thamrin dan Ratna berpasangan dengan Suprayitno. 

Hubungan keluarga ini juga dibenarkan Suwarti. “"Yang mana satu ini keponakan melawan tante, yang satunya adik melawan ayuk (kakak perempuan). Jangan dek ya," ujar Suwarti disadur dari detik.com.

BACA JUGA:Tidak Punya Utang, Segini Harta Kekayaan Herman Deru yang Kembali Mencalonkan Diri Gubernur Sumatera Selatan

Meski demikian, Suwarti menegaskan konstelasi pasangan ini tidak lah direncanakan. Semuanya mengalir begitu saja hingga akhirnya keluarga yang saling berlawanan ini sama-sama mendaftar ke KPU Musi Rawas. 

"Ini adalah dinamika dunia politik yang selama ini tidak pernah terbayangkan dan tidak pernah terencanakan di Pilkada Kabupaten Musi Rawas ini. Jadi ini tidak diatur, saya harus maju menjadi bupati menjadi calon bupati Musi Rawas bersama ponakan yang menjadi calon wakil bupati melawan tantenya," kata Suwarti. 

Sebelumnya usaha Suwarti untuk mencalonkan diri di Musi Rawas tidak lah mudah. Selama ini Suwarti merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Musi Rawas. Namun sayangnya dia tidak mendapat dukungan dari Gerindra untuk mencalonkan diri.

BACA JUGA:Siap Kembali di Posisi Sama, Segini Kekayaan Gustianto Bakal Calon Wakil Bupati Seluma 2024!

Sebaliknya, Suwarti malah mendapat B1KWK dari Partai Nasdem. Akhirnya dengan restu itu, Suwarti mengundurkan diri dari Partai Gerindra dan sekarang menjadi kader Partai Nasdem.

Sebelum mendapat restu dari Partai Nasdem, Suwarti hampir saja tidak bisa mencalonkan diri. Namun belakangan keluar keputusan MK yang memungkinkan partai non parlemen untuk mengusung calon. 

Putusan ini lah yang kemudian menjadi berkah bagi Suwarti. Akhirnya dalam kontestasi di Pilkada Musi Rawas, Suwarti-Thamrin diusung Partai Nasdem bersama 9 partai non parlemen. 

Untuk diketahui, hingga saat ini Suwarti masih menjawab sebagai Wakil Bupati Musi Rawas. Sedangkan Bupati Musi Rawas saat ini adalah Ratna Machmud, yang sekarang menjadi lawannya dalam Pilkada.

BACA JUGA:Intip Harta Kekayaan Erwin Octavian Bakal Calon Bupati di Pilkada Seluma 2024

Pasangan Ratna-Suwarti sebelumnya memimpin Kabupaten Musi Rawas yang mulai menjabat pada 26 Februari 2021. Tidak banyak kepala daerah di Indonesia yang Bupati dan Wakilnya dari kaum perempuan. Apalagi untuk posisi Gubernur dan Wakil Gubernur. 

Sementara itu, untuk pasangan Ratna Machmud-Suprayitno, mereka mendaftarkan diri ke KPU Musi Rawas dengan mengantongi rekomendasi dari 8 partai politik, yakni Golkar, PKB, Gerindra, PDIP, PKS, PBB, PAN dan Demokrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: