Iklan dempo dalam berita

Kenali Golongan dan Tarif Listrik Terbaru di Bulan September 2024

Kenali Golongan dan Tarif Listrik Terbaru di Bulan September 2024

Golongan dan tarif listrik September 2024--

Pilih fitur untuk memeriksa kapasitas daya listrik, dan ikuti instruksi yang diberikan dalam aplikasi untuk mendapatkan informasi terkait kapasitas daya di lokasi Anda.

Dengan demikian, perbedaan antara tarif listrik R1 dan B1 terletak pada penggunaannya, dimana R1 ditujukan untuk rumah tangga sedangkan B1 untuk bisnis. 

BACA JUGA:Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta dari Jalur Independen, Berapa Harta Kekayaan Dharma Pongrekun?

Faktor yang Mempengaruhi Penetapan Tarif Listrik

Biaya produksi listrik sangat mempengaruhi penetapan tarif. Ini termasuk biaya bahan bakar, operasi dan pemeliharaan fasilitas pembangkit listrik. 

Selain itu, regulasi pemerintah seringkali menetapkan batas atas dan bawah untuk tarif untuk melindungi kepentingan publik serta untuk menjaga kestabilan ekonomi. 

Subsidi dari pemerintah juga berperan dalam menetapkan tarif khusus untuk golongan tertentu, seringkali untuk membantu rumah tangga berpenghasilan rendah.

BACA JUGA:Rincian Harta Kekayaan Cik Ujang, Bakal Calon Wakil Gubernur Sumatera Selatan di Pilkada 2024

Pada September 2024, pemerintah telah memastikan bahwa tidak ada kenaikan tarif listrik. Tarif yang berlaku pada bulan ini sama dengan tarif listrik yang diberlakukan pada Juli dan Agustus 2024.

Keputusan untuk mempertahankan tarif listrik ini tertuang dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 7 Tahun 2024. 

Peraturan ini menggantikan peraturan sebelumnya, yaitu Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016, dan telah disahkan pada 6 Juni 2024. 

BACA JUGA:Sosok dan Harta Kekayaan Abdul Hafizh, Bakal Jadi Calon Wakil Bupati Kepahiang Pilkada 2024

Meskipun terdapat beberapa pembaruan dalam aturan ini, secara umum tarif listrik dan golongan pelanggan PLN (Persero) tidak mengalami perubahan yang signifikan. 

Namun, ada beberapa penyesuaian terkait penjualan listrik curah pada Tegangan Rendah (C/TR), Tegangan Menengah (C/TM), dan Tegangan Tinggi (C/TT).

BACA JUGA:Segini Harta Kekayaan Riri Damayanti Bakal Calon Bupati Kepahiang Jalur Independen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: