Iklan dempo dalam berita

Jadi Tanda Datangnya Kiamat, Begini Cara Selamat dari Dukhan

Jadi Tanda Datangnya Kiamat, Begini Cara Selamat dari Dukhan

Cara Selamat dari Dukhan --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Jadi tanda datangnya kiamat, begini cara selamat dari dukhan.

Terdapat beberapa tanda kiamat yang diriwayatkan dari hadits maupun dari Al Qur'an, salah satu tanda kiamat itu adalah kemunculan dukhan.

BACA JUGA:Biaya Kuliahnya Mahal, Berapa Gaji Dokter Spesialis Jantung?

Dukhan adalah sebuah kejadian dimana seluruh dunia ini diselimuti dengan asap tebal yang dapat menghentikan semua aktivitas manusia.

Dukhan atau ad-Dukhan disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani bahwa Rasulullah SAW menerangkan dukhan akan datang bersanding dengan bahaya Dabbah (semacam binatang melata yang keluar dari perut bumi dan memangsa manusia dan Dajjal.

BACA JUGA:Bikin Resah! Oknum Ormas Berulah, Ngamuk ke Pedagang Buah Gegara Ini

Lantas bagaimana cara selamat dari dukhan?

Anda bisa mengamalkan beberapa doa agar selamat dari dukhan. Simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui apa saja doanya.

 

Dukhan atau kabut asap merupakan salah satu pertanda awal terjadinya kiamat yang disebutkan dalam Al-Qur'an dan berbagai riwayat hadits. Tanda-tanda ini merupakan beberapa tanda besar hari kiamat.

BACA JUGA:Gaji ASN Kemenparekraf 2024, Paling Rendah Rp 6 Jutaan, Cek Rinciannya

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yaitu, "Sesungguhnya Rabbmu telah memperingatkan kamu dengan tiga hal. (Pertama) Asap yang akan mengakibatkan kepada orang mukmin seperti demam dan kepada orang kafir sehingga ia melepuh (pecah) dan keluar asap dari setiap telinganya, yang kedua adalah binatang, yang ketiga adalah Dajjal." (HR Thabrani)

Abu Fatiah al-Adnani mengatakan dalam buku Fitnah & Petaka Akhir Zaman: Detik-detik Menuju Hari Kehancuran Alam Semesta bahwa hadits tersebut sanadnya jayyid atau menimbulkan keraguan antara shahih dan hasan.

Dijelaskan juga dalam ayat Al Qur'an pada surah Ad Dukhan ayat 10-11 yaitu,

فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِى السَّمَاۤءُ بِدُخَانٍ مُّبِيْنٍ
يَغْشَى النَّاسَۗ هٰذَا عَذَابٌ اَلِيْمٌ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: