Iklan RBTV Dalam Berita

Besaran Gaji Apoteker Indonesia untuk PNS, Segini Per Bulannya

Besaran Gaji Apoteker Indonesia untuk PNS, Segini Per Bulannya

Gaji Apoteker PNS--

7. Berperan Memantau Penggunaan Obat yang Aman Pada Pasien

Apoteker tidak boleh memberikan obat keras tanpa persetujuan dari dokter yang bisa membahayakan pasien. Risiko malpraktik bisa saja terjadi sehingga Apoteker wajib memantau dan mengawasi penggunaan obat dan alat kesehatan di rumah sakit.

8. Mengawasi Pembuatan atau Peracikan Obat di Rumah Sakit

Peran Apoteker yang memiliki lisensi terjamin wajib mengawasi pembuatan dan peracikan obat di rumah sakit. Risiko pasien mengalami hal tidak diinginkan akibat pemberian obat yang tidak sesuai kondisi pasien bisa diminimalisir dengan baik.

BACA JUGA:Hussein Abri Dongoran, Wartawan Tempo yang Kembali Diteror, Kaca Mobil Dirusak

9. Berperan Merawat Fasilitas Apotek di Rumah Sakit

Aset rumah sakit khususnya bagian Apotek sudah menjadi tanggung jawab seluruh tim farmasi.

10. Peran Memberikan Training Kepada Perawat

Sebagai konsultan obat, Apoteker memiliki peran untuk ikut memberikan pendidikan, wawasan dan training kepada perawat. Tugas perawat yang memberikan obat sesuai resep kepada pasien bisa diawasi dengan maksimal.

Tidak ada kejadian salah pemberian obat atau dosis yang bisa menyebabkan masalah serius pada kesehatan pasien di rumah sakit.

Peran Apoteker di rumah sakit sangat besar bukan sekadar meracik obat saja, namun mampu melakukan manajemen distribusi dan pencatatan pembukuan yang baik.

Demikianlah informasi seputar gaji apoteker PNS berdasarkan tingkatnya lengkap dengan peran atau tanggung jawab. Semoga bermanfaat.

Nutri Septiana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: