Iklan dempo dalam berita

Ada Ancaman Megathrust, Ini 8 Cara Mengajarkan Anak tentang Bahaya Gempa Bumi

Ada Ancaman Megathrust, Ini 8 Cara Mengajarkan Anak tentang Bahaya Gempa Bumi

Cara mengajarkan bahaya gempa bumi kepada anak--

Selanjutnya, penting untuk membuat rencana evakuasi yang jelas dan sederhana. Diskusikan dengan anak-anak tentang langkah-langkah yang harus diambil selama dan setelah gempa bumi. 

BACA JUGA:Bikin Syok! Setelah 4 Tahun Baru Ketahuan, Ternyata Kontrakan Ini Kotor dan Penuh Sampah

Buatlah rencana yang mencakup titik kumpul yang aman dan tempat perlindungan di dalam rumah. Misalnya, "Jika terjadi gempa bumi, kita harus segera pergi ke bawah meja yang kuat untuk melindungi diri dari benda-benda yang jatuh."

Identifikasi tempat yang paling aman di rumah, seperti ruangan tanpa jendela atau bawah meja yang kokoh. 

Jelaskan bahwa tempat-tempat ini bisa membantu melindungi mereka dari bahaya.

3. Latihan Berkala

Melakukan latihan evakuasi secara rutin adalah cara yang efektif untuk memastikan anak-anak memahami dan mengingat langkah-langkah yang perlu diambil. 

BACA JUGA:Terungkap, Ternyata Segini Gaji Pemain Naturalisasi Calvin Verdonk, Nominalnya Fantastis

Ajak anak-anak untuk berlatih secara berkala, misalnya, dengan simulasi gempa bumi di rumah. Berlatih bersama mereka akan membantu mereka merasa lebih siap dan tidak panik ketika benar-benar terjadi. Ini juga memberi mereka kesempatan untuk bertanya dan mengklarifikasi apa yang harus dilakukan.

4. Mitigasi Bencana di Sekolah

Penting juga untuk mempelajari rencana mitigasi bencana di sekolah anak-anak. Setiap sekolah biasanya memiliki prosedur evakuasi dan tempat perlindungan yang dirancang untuk melindungi siswa selama bencana. 

Pelajari bagaimana sekolah anak Anda menangani situasi darurat dan pastikan anak-anak tahu apa yang diharapkan dari mereka jika bencana terjadi di sekolah. Jika ada informasi kontak atau protokol tertentu yang perlu diikuti, pastikan untuk memperbarui data kontak Anda dengan pihak sekolah.

5. Mengajarkan Tanggap Bencana dan Kritis

Selain mengajarkan langkah-langkah praktis untuk menghadapi gempa bumi, penting juga untuk mengajarkan anak-anak mengenai pencegahan bencana dan pemahaman terhadap penyebabnya. 

BACA JUGA:Mengenal Puasa Nabi Idris yang Sering Dilakukan Ustadz Maulana, Ini Keutamaan Amalannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: