Iklan dempo dalam berita

8 Wilayah di Jawa Timur yang Terancam Risiko Tsunami jika Terjadi Gempa Megathrust

8 Wilayah di Jawa Timur yang Terancam Risiko Tsunami jika Terjadi Gempa Megathrust

Wilayah di Jawa Timur yang rawan terjadi tsunami jika terjadi gempa megathrust--

BACA JUGA:Gaji Pemain Naturalisasi Justin Hubner, Dibayar Segini Per Minggu

Gatot mengungkapkan bahwa “Di daerah tersebut pernah dilakukan ekspedisi tsunami bersama teman-teman BMKG maupun BNPB.”

Hal ini menunjukkan bahwa upaya mitigasi bencana sudah dilakukan melalui kerjasama antara berbagai lembaga terkait untuk memantau dan mengurangi risiko tsunami di daerah-daerah tersebut. 

BPBD juga telah melakukan berbagai upaya mitigasi, seperti memberikan sosialisasi kepada warga mengenai tanggap darurat bencana.

“Kami juga membentuk destana di daerah-daerah pesisir Selatan Jawa Timur. Kami juga sosialisasi, karena sebenarnya yang paling krusial dari bencana adalah reaksi cepat dari warga agar segera menuju tempat evakuasi,” jelas Gatot. 

BACA JUGA:Viral! Petani Jadi Miliarder Dadakan, Usai Korbankan Tanah Warisan Miliknya yang Terdampak Pembangunan Tol

Destana (Desa Tangguh Bencana) merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. 

Dalam konteks ini, sosialisasi kepada warga adalah langkah penting agar mereka memahami langkah-langkah yang harus diambil saat terjadi gempa megathrust.

Gatot juga menjelaskan bahwa, “Di wilayah-wilayah itu sudah kami beri rambu-rambu menuju jalur evakuasi ketika ada gempa cukup kuat bisa berpotensi tsunami, warga bisa secepatnya langsung menuju tempat evakuasi.” Pemasangan rambu-rambu ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan jalur evakuasi yang aman saat bencana terjadi.

BACA JUGA:Waspada! Ini Wilayah di Lampung yang Berpotensi Terdampak Megathrust

Selain itu, BPBD juga mengimbau agar masyarakat turut menjaga alat pendeteksi tsunami seperti sistem peringatan dini (Early Warning System/EWS) yang terpasang di pantai-pantai selatan Jawa Timur.

“Kami imbau warga menjaga alat-alat EWS yang terpasang di pantai-pantai wilayah tersebut, termasuk menjaga papan rambu evakuasi,” tandasnya.

Sebelumnya, Dr. Ir. Amien Widodo, MSi, seorang pakar geologi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), menjelaskan bahwa gempa megathrust dipicu oleh tumbukan antara lempeng dengan kedalaman antara 0-70 kilometer (km). 

“Terjadinya gempa megathrust karena adanya hambatan antar bidang lempeng, sedangkan lempeng terus bergerak,” ujar Amien dalam keterangannya pada Senin, 19 Agustus 2024. 

BACA JUGA:Heboh, Pria Baju Merah Ini Terciduk Nekat Rusak APK Calon Walikota, Begini Penjelasan Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: