Iklan dempo dalam berita

Viral! Warga Malaysia Klaim Batik dari Negaranya, Youtuber IShowSpeed Bingung lalu Buka Google

Viral! Warga Malaysia Klaim Batik dari Negaranya, Youtuber IShowSpeed Bingung lalu Buka Google

Youtuber IShowSpeed bingung karena warga Malaysia klaim kepemilikan batik--

Dengan nada penasaran, ia mulai mengetik pertanyaan terkait asal-usul batik. Hasil pencarian Google pun muncul dengan jawaban yang jelas: batik berasal dari Jawa, Indonesia. 

"Oh oke, mari kita cari di Google, batik asalnya dari mana?" ujar IShowSpeed dengan penuh antusias. Setelah membaca hasil pencarian, ia pun tampak terkejut, "Batik berasal dari Indonesia. Kenapa disini ditulis batik berasal dari Indonesia? Jadi batik dari Indonesia? Seni batik dikembangkan di Pulau Jawa, Indonesia."

BACA JUGA:Viral! Petani Jadi Miliarder Dadakan, Usai Korbankan Tanah Warisan Miliknya yang Terdampak Pembangunan Tol

Penjelasan dari Google tersebut jelas menunjukkan bahwa batik merupakan warisan budaya dari Indonesia, bukan dari Malaysia. Momen ini seketika menjadi viral, terutama di kalangan penggemar IShowSpeed dan publik Indonesia. 

Tayangan video yang menampilkan kebingungan IShowSpeed soal asal-usul batik tersebut telah ditonton lebih dari 37 ribu kali di Instagram, setelah diunggah oleh akun @fakta.indo.

Sejarah dan Fakta Tentang Batik

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui dunia. Kain tradisional ini berasal dari Jawa dan memiliki sejarah panjang dalam kebudayaan Indonesia. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang batik yang penting untuk diketahui:

BACA JUGA:Waspada! Ini Wilayah di Lampung yang Berpotensi Terdampak Megathrust

1. Asal-Usul Batik

Batik mulai dikembangkan di Indonesia sejak zaman Kerajaan Mataram dan terus berkembang di masa Kerajaan Solo dan Yogyakarta. Pada awalnya, batik hanya digunakan oleh kalangan raja dan keluarganya di dalam lingkungan keraton. Batik menjadi simbol status sosial dan identitas budaya yang khas.

2. Batik Tulis

Batik tulis adalah jenis batik yang dibuat secara manual dengan tangan menggunakan alat bernama canting dan lilin malam. Proses pembuatan batik tulis memakan waktu yang lama dan membutuhkan keterampilan tinggi. Motif batik yang dihasilkan pun biasanya memiliki pola yang rumit, halus, dan penuh dengan detail.

3. Pengakuan UNESCO

Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO secara resmi menetapkan batik sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.

BACA JUGA:Heboh, Pria Baju Merah Ini Terciduk Nekat Rusak APK Calon Walikota, Begini Penjelasan Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: