Iklan dempo dalam berita

Mengenal Puasa Nabi Ibrahim, Ini Bacaan Niat dan Tata Caranya, Simak Keutamaannya

Mengenal Puasa Nabi Ibrahim, Ini Bacaan Niat dan Tata Caranya, Simak Keutamaannya

Puasa Nabi Ibrahim--

Berikut ini adalah beberapa fadhilah puasa Tarwiyah yang akan didapatkan seseorang setelah melakukannya:

1. Bagaikan Puasa Setahun Penuh

Keutamaan pertama yang akan didapatkan seseorang dalam melaksanakan puasa Tarwiyah tanggal 8 Dzulhijjah adalah bagaikan puasa setahun.

Fadhilah ini tentu akan sangat membuat semangat umat Islam dalam mendapatkan keberkahan melaksanakannya.

Fadhilah atau keutamaan ini telah dijelaskan dalam sebuah hadits berikut ini.

“Barangsiapa berpuasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti sebulan. Dan untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun,” (HR. Ali Al-Muhairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas).

Dalam hadits tersebut sangat jelas bahwa orang yang berpuasa pada hari Tarwiyah akan mendapatkan pahala bagaikan puasa satu tahun.

Begitu juga dengan hari selanjutnya yaitu hari Arafah yang juga memiliki keutamaan yaitu bagaikan puasa dua tahun.

BACA JUGA:Berapa Gaji Pemain Naturalisasi Maarten Paes? Segini Besarannya

2. Amalan Paling Dicintai

Selain mendapatkan keutamaan di atas, orang yang melakukan puasa Tarwiyah juga telah menjalankan amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Hal ini telah dijelaskan dalam hadits berikut ini:

“Tiada hari di mana amal sholeh, lebih dicintai Allah selain hari-hari yang sepuluh ini (10 hari pertama bulan Dzulhijjah).’ Sesungguhnya berpuasa satu hari di dalamnya membandingi puasa satu tahun.”

Dari hadits tersebut dapat diketahui bahwa pada saat itu para sahabat menanyakan kepada Nabi Muhammad SAW perihal amal terbaik. Lalu Nabi Muhammad SAW memberikan jawaban kepada para sahabat bahwa amalan yang paling dicintai adalah puasa di 10 hari pertama Dzulhijjah.

Meskipun tidak dijelaskan secara jelas nama hari Tarwiyah, hadits tersebut tetap bisa menjadi dalil bahwa ada keutamaan dalam menjalankan puasa sunnah Tarwiyah. Karena pada dasarnya puasa pada hari tersebut adalah bagian dari 10 hari di bulan Dzulhijjah yang dicintai Allah SWT.

BACA JUGA:Warga Ini Kehilangan Motor saat Orang Sibuk Melayat, Lokasinya di Sebuah Gang Indekos

3. Mengikuti Sunnah Rasulullah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: