Iklan RBTV Dalam Berita

Waspada Jangan Asal Pakai, 5 Bahaya WiFi Publik Ini Mengintai, Ketahui Tips Menghindarinya

Waspada Jangan Asal Pakai, 5 Bahaya WiFi Publik Ini Mengintai, Ketahui Tips Menghindarinya

Bahaya WiFi Publik--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Waspada jangan asal pakai, 5 bahaya WiFi publik ini mengintai, ketahui tips menghindarinya.

WiFi publik adalah salah satu fasilitas yang banyak tersedia di tempat-tempat umum, seperti kafe, restoran, bandara dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Bermula Ledakan Kecil, Ini Kronologi Rumah Joe P Project Kebakaran, Diduga Karena Ini

Dengan adanya fasilitas WiFi publik tentu sangat memudahkan pengguna untuk mengakses internet tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Akan tetapi, dibalik kemudahan tersebut ternyata terdapat sejumlah bahaya yang perlu diwaspadai saat menggunakan WiFi publik.

Dirangkum dari laman ftmm.unair.ac.id, beberapa bahaya yang dapat terjadi saat menggunakan WiFi publik antara lain:

1. Serangan Man-in-the-Middle alias MitM

Salah satu bahaya WiFi publik yang perlu kamu waspadai ialah serangan MitM atau Man-in-the-Middle. Serangan MitM adalah WiFi atau hotspot palsu yang dibuat oleh hacker untuk menyadap data yang dikirim dan diterima oleh pengguna. 

Nantinya hotspot palsu ini menciptakan access point untuk mencegat arus WiFi, sehingga memungkinkan hacker untuk mengamati aktivitas pengguna.

Lagi-lagi serangan ini dapat terjadi apabila koneksi tidak terenkripsi. Dengan demikian, hacker bisa dengan mudah mengakses setiap aktivitas yang dilakukan oleh korban, termasuk mengambil informasi pribadi, seperti password, nomor kartu kredit, bahkan informasi perbankan. Karena hotspot palsu tersebut akan langsung me-redirect kamu ke situs serupa tapi dengan tingkat keamanan rendah.

Verifikasi jaringan sebagai cara penting yang bisa dilakukan untuk terhindar dari potensi serangan MitM atau man-in-the-middle saat menggunakan WiFi publik

BACA JUGA:Tukang Bangunan Lulus Uji Sertifikasi Kompetensi Punya Standard Gaji Sesuai UMP

2. Serangan Evil Twin

Bahaya WiFi publik yang selanjutnya adalah serangan evil twin. Serangan ini terjadi ketika hacker menciptakan network serupa dengan yang biasa digunakan oleh pengguna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: