Iklan RBTV Dalam Berita

Sudah Tahu Belum Penyakit Tulang Rapuh, Ini Faktor Penyebab dan Gejalanya

Sudah Tahu Belum Penyakit Tulang Rapuh, Ini Faktor Penyebab dan Gejalanya

Tulang Rapuh--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sudah tahu belum penyakit tulang rapuh, ini faktor penyebab dan gejalanya.

Tulang rapuh atau lebih dikenal dengan tulang keropos merupakan suatu keadaan dimana tulang dalam kondisi lemah dan lebih mudah patah. Adapun penyakit yang biasa menyerang tulang rapus disebut osteoporosis.

BACA JUGA:Cara Mengetahui Kamu Tulang Keropos atau Tidak, Kenali Gelaja Fisiknya

Umumnya penyakit ini disebabkan oleh kekurangan asupan kalsium pada tulang seseorang dan lebih banyak menyerang diatas usia 40 tahunan.

Keberadaan tulang sendiri ibaratnya sebagai tiang-tiang dalam tubuh manusia dimana tulang merupakan struktur yang membentuk otot, melindungi organ-organ dalam tubuh serta dapat menyimpan berbagai zat mineral yang dibutuhkan tubuh seperti fosfor dan kalsium.

Jika tulang mudah rapuh dan patah, maka akan menyebabkan tulang merasa nyeri dan sakit begitu digerakkan, fleksibilitas dalam bergerakpun menurun dan menjadi lebih kaku, serta sendi yang terasa lemas.

BACA JUGA:Cara Mudah Akses Layanan Chatbot di WhatSapp, Tinggal Sat Set Nggak Pakai Ribet

Mengenal Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi umum yang membuat tulang Anda menjadi rapuh. Tulang adalah jaringan hidup yang memberikan struktur kerangka pada tubuh. Tulang terus beregenerasi secara seimbang saat usia muda.

Namun, dengan bertambahnya usia, sistem metabolisme berubah sehingga dapat menyebabkan kandungan sel dan mineral dalam tulang menurun

Tahap pertama osteoporosis adalah pengeroposan tulang yang disebut osteopenia, yang berarti tulang Anda tidak sekuat yang seharusnya.

BACA JUGA:Cara Mudah Akses Layanan Chatbot di WhatSapp, Tinggal Sat Set Nggak Pakai Ribet

Proses pergantian sel-sel tulang yang telah tua menjadi tidak seimbang atau dengan kata lain pembentukan sel tulang yang baru lebih lambat daripada penghancuran sel tulang yang telah tua. Seiring dengan waktu, tulang kehilangan kekuatan dan strukturnya.

Jika Anda menderita osteoporosis, tulang menjadi lebih rapuh dan lebih mudah patah. Bahkan karena trauma ringan, dapat menyebabkan patah tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: