Iklan RBTV Dalam Berita

8 Kota Terdingin di Indonesia 2024, Ada yang Suhunya Mencapai 26 Derajat Celsius

8 Kota Terdingin di Indonesia 2024, Ada yang Suhunya Mencapai 26 Derajat Celsius

8 Kota Terdingin di Indonesia 2024, Ada yang Suhunya Mencapai 26 Derajat Celsius--foto:ist

Selain terkenal dengan tanahnya yang subur, Wonosobo menawarkan pemandangan alam yang eksotis dan menjadi salah satu jalur pendakian ke beberapa gunung ternama di Indonesia, seperti Gunung Prau dan Dieng. 

Menariknya, di kawasan Dieng, suhu bisa mencapai minus 9 derajat Celsius sehingga air membeku seperti salju. 

BACA JUGA:Bukan hanya Batik, Ini Deretan Budaya Indonesia yang Pernah Diklaim oleh Malaysia

2. Mulia, Papua Tengah

Kota Mulia di Kabupaten Puncak Jayawijaya, Provinsi Papua, terletak pada ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan yang jarang terjadi setiap tahunnya.

Kota ini unik karena merupakan satu-satunya kawasan berpenghuni yang dikelilingi oleh Pegunungan Jayawijaya, yang juga merupakan puncak tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut. 

Suhu di Kota Mulia dapat turun hingga 9 derajat Celcius, bahkan mencapai titik beku dan menjadikannya sebagai salah satu kota dengan suhu terendah di Indonesia.

3. Waghete, Papua Tengah

Waghete adalah salah satu kota yang terletak di Kabupaten Deiya, Papua Tengah, yang berdiri di dataran tinggi sekitar 1.700 mdpl.

Kota ini diketahui memiliki suhu dingin yang mencapai 15 derajat Celcius pada siang hari dan turun hingga 10 derajat Celcius pada malam hari. 

BACA JUGA:5 Bank Digital Terbesar di Indonesia, Nomor 1 Asetnya Tembus Rp31,09 Triliun

4. Mamasa, Sulawesi Barat

Selanjutnya, daerah terdingin di Indonesia adalah Kota Mamasa di Sulawesi Barat.  Terletak pada ketinggian 1.900 meter di atas permukaan laut, Mamasa tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah tetapi juga udara yang sejuk dengan suhu rata-rata sekitar 23 derajat Celcius. 

Nuansa sejuk semakin terasa di kawasan agrowisata dan kampung adat yang ada di kota ini.  Suhu tertinggi di Mamasa hanya mencapai 26 derajat Celcius, sementara suhu terendah yang pernah tercatat adalah 16 derajat Celcius.

5. Ruteng, Nusa Tenggara Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: