Iklan RBTV Dalam Berita

Sama-sama Utusan Allah SWT, Ini 7 Perbedaan Nabi dan Rasul yang Perlu Dipahami

Sama-sama Utusan Allah SWT, Ini 7 Perbedaan Nabi dan Rasul yang Perlu Dipahami

Perbedaan Nabi dan Rasul--

BACA JUGA:8 Rekomendasi Motor Listrik Murah 2024, Jarak Tempuh Tembus hingga 80 Km

Mengutip dari buku berjudul Buku Putih Syaikh Abdul Qadir Al Jailani (2019), kata "Rasul" diambil dari kata "Irsal" yang berarti pengiriman atau pengutusan.

Menurut istilah, rasul adalah orang yang mendapatkan perintah dari orang yang mengutus untuk menyampaikan risalahnya. Jadi bisa diartikan rasul adalah orang yang mengikuti wahyu orang yang mengirimnya. Hal ini dijelaskan dalam surah An-Naml ayat 35:


وَإِنِّى مُرْسِلَةٌ إِلَيْهِم بِهَدِيَّةٍ فَنَاظِرَةٌۢ بِمَ يَرْجِعُ ٱلْمُرْسَلُونَ

Latinnya: Wa innī mursilatun ilaihim bihadiyyatin fa nāẓiratum bima yarji'u-mursalụn

Artinya: "Dan sesungguhnya aku akan mengirim utusan kepada mereka dengan (membawa) hadiah, dan (aku akan) menunggu apa yang akan dibawa kembali oleh utusan-utusan itu".

BACA JUGA:10 Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Dipahami Umat Muslim

2. Perbedaan Nabi dan Rasul dalam Jumlahnya

Nabi dan rasul memiliki jumlah yang sangat jauh berbeda. Jumlah nabi yang diutus lebih banyak dari jumlah rasul yang ada. Jumlah nabi dan rasul yang wajib kita ketahui disebutkan dalam Al-Qur'an, dan ada 25 jumlahnya.

Sedangkan jumlah nabi dan rasul yang tidak disebutkan melalui Al-Qur'an ada sekitar 313 rasul, dan 120.000 nabi. Hal ini diriwayatkan melalui hadits yang dari Abu Dzar


قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ ، كَمِ الْأَنْبِيَاءُ؟ قَالَ : مِائَةُ أَلْفٍ وَعِشْرُونَ أَلْفًا . قُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، كَمَ الرُّسُلُ مِنْ ذَلِكَ؟ قَالَ: ثَلَاثُ مِائَةٍ وَثَلَاثَةَ عَشَرَ جَمَّا غَفِيرًا ، ثُمَّ قَالَ : يَا أَبَا ذَرِّ أَرْبَعَةٌ سُرْيَانِيُّونَ : آدَمُ ، وَشِيثُ ، وَأَخْنُوخُ وَهُوَ إِدْرِيسُ ، وَهُوَ أَوَّلُ مَنْ خَطَ بِالْقَلَمِ ، وَنُوحٍ وَأَرْبَعَةٌ مِنَ الْعَرَبِ : هُودٌ ، وَشُعَيْبٌ ، وَصَالِحٌ ، وَنَبِيُّكَ محَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: "Aku bertanya: 'Ya Rasulullah! Berapa jumlah Nabi?' Beliau bersabda, "Jumlah mereka 120.000 orang." Aku bertanya lagi, 'Berapa jumlah rasul Ya Rasulullah?' Beliau menjawab, "Mereka 313 orang."

Kemudian Beliau bersabda, "Wahai Abu Dzar! 4 orang dari mereka dari bangsa Suryaniyah; yaitu Adam, Sits, Idris dan Nuh. Sementara 4 dari bangsa Arab, yaitu Hud, Syu'aib, Saleh dan Nabi Muhammad SAW." HR. Ibnu Hibban.

BACA JUGA:10 Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Dipahami Umat Muslim

Ada beberapa alasan mengapa Allah SWT mengutus banyak nabi daripada rasul:

- Usia nabi terbatas, tidak mungkin hidup panjang hingga akhir zaman.

- Situasi dan kondisi yang ada pada setiap zaman selalu berbeda-beda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: