Iklan RBTV Dalam Berita

Daftar 6 Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2024, Ternyata Bukan Instagram Jawaranya

Daftar 6 Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2024, Ternyata Bukan Instagram Jawaranya

Aplikasi Media Sosial --

Mari kita lihat jumlah pengguna media sosial di Indonesia. Di tahun 2024 ini terdapat 139 juta pengguna media sosial di Indonesia.

BACA JUGA:Program TMMD ke 122, Kodim 0425/Seluma Bangun Jalan Sentra Produksi di Desa Ini

Kemudian, untuk waktu penggunaan rata-rata per harinya adalah 3 jam 11 menit, yang mencakup hampir separuh waktu penggunaan Internet. 

Berikut jumlah pengguna media sosial di Indonesia dan waktu penggunaannya 2024:

- Jumlah pengguna di TikTok

TikTok, media sosial populer global dari Tiongkok, juga memiliki pengaruh yang sangat besar di Indonesia. Di tahun 2024, TikTok memiliki 127 juta pengguna di tanah air, dan menduduki peringkat kedua sebagai media sosial terpopuler di kalangan pengguna media sosial Indonesia setelah YouTube.

ByteDance, perusahaan yang mengoperasikan TikTok, mengumumkan jika TikTok advertising telah menjangkau 45,5% orang dewasa dari total populasi Indonesia. Jika dibatasi pada pengguna internet saja, persentasenya mencapai 68,5%.

Dalam satu tahun terakhir, TikTok semakin populer di kalangan pria. Ini terbukti dari pengguna pria yang sudah mendominasi platform ini. 53,5% pengguna TikTok berjenis kelamin pria, sedangkan 46,5% nya adalah wanita. Peran TikTok dalam pemasaran digital di Indonesia pun menjadi semakin penting.

BACA JUGA:Program TMMD ke 122, Kodim 0425/Seluma Bangun Jalan Sentra Produksi di Desa Ini

- Jumlah Pengguna di Youtube

Youtube, platform berbagi video terpopuler di Indonesia. Youtube memiliki 139 juta pengguna di Indonesia, lebih besar dari TikTok.

Jangkauan YouTube advertising mencapai 50% dari total penduduk Indonesia, menjadikannya sebagai media sosial yang efektif untuk menarik banyak kalangan.

Di kalangan pengguna internet di Indonesia saja, YouTube telah menjangkau 75% nya. Hal ini menunjukkan bahwa Youtube memegang peranan penting dalam penggunaan internet di tanah air. Ini pun menjadi alasan bagi marketer di Indonesia untuk tidak melewatkan YouTube sebagai media pemasaran digital.

Adapula platform YouTube di Indonesia lebih di dominasi oleh pengguna wanita ketimbang pria. Dimana persentasenya adalah 46.90% pengguna pria dan 53.10% pengguna wanita. 

Ini memberikan banyak alasan bagi brand yang menyasar audiens wanita seperti beauty & make up, pakaian perempuan, perlengkapan bayi, dan banyak lagi untuk beralih ke YouTube guna menarik konsumen baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: