Iklan RBTV Dalam Berita

Berkunjung ke Bumi Sekundang Setungguan, Ini 6 Oleh-oleh Khas Bengkulu Selatan yang Populer dan Wajib Dicoba

Berkunjung ke Bumi Sekundang Setungguan, Ini 6 Oleh-oleh Khas Bengkulu Selatan yang Populer dan Wajib Dicoba

Oleh-oleh Khas Bengkulu Selatan --

BACA JUGA:Daftar Gaji Karyawan PT Wismilak Inti Makmur, Lengkap dengan Tunjangan, Tertarik Bergabung?

2. Bajik

Bajik merupakan makanan khas Bengkulu Selatan, bajik terbuat dari beras ketan yang dikukus dan dicampur dengan santan kelapa dan gula aren.

Makanan khas Bengkulu Selatan yang satu ini akan mudah didapatkan pada acara-acara tertentu saja, seperti pada saat hari-hari besar dan acara pesta pernikahan, untuk disajikan kepada tamu.

Saat ini kalau dicari di pasaran masih sulit di temukan, sebab daya ketahanan oleh-oleh satu ini mungkin sama seperti Cak Uncung, yang mana tidak bisa bertahan lebih dari dua hari jika dalam suhu ruangan terbuka.

Namun, jika sahabat Camkoha sangat menginginkan makanan ini, bisa berkunjung ke Kecamatan Pino Raya, Bengkulu Selatan, sebab makanan khas ini berasal dari derah tersebut. Yang mana akan dilewati jika kalian dari kota Bengkulu Menuju arah Lampung ataupun Sumatera Selatan, begitupun sebaliknya.

BACA JUGA:Pantas jadi Primadona, Rupanya Segini Gaji dan Tunjangan Kerja di PT HM Sampoerna Tbk Sesuai dengan Posisi

3. Gulai Kamba’ang

Saat berlibur ke Bengkulu Selatan, selain melihat keindahan pantai dan sungai-sungainya, menu makanan Gulai Kamba’ang menjadi salah satu yang wajib dicoba.

Sama seperti Cak Uncung dan Bajik, makanan ini juga asalnya dari Manna, sehingga bila kalian lewat jalur wilayah tersebut, maka akan menjumpai beragam restoran yang menjual sajian kuliner satu ini.

Yang membedakan dengan gulai dari daerah lain adalah tambahan menunya yang berupa daun pakis, kelapa parut yang telah disangrai, serta daun talas. Dengan begitu, lebih kaya rasa dan tentunya lebih gurih.

Untuk informasi, tidak semua orang bisa berhasil masak gulai Kemba’ang ini, konon katanya, jika tidak pandai maka hasil gulainya nanti akan Membuat lidah menjadi gatal.

Jadi, untuk sahabat Camkoha yang berada diluar Bengkulu Selatan yang Ingin mencoba membuat msakan ini sendiri, maka jangan kecewa ya jika hasil masakannya tidak Sesuai ekspetasi.

BACA JUGA:Wong Kito Galo, Siapo yang Paling Beduet Calon Gubernur Sumatera Selatan 2024?

4. Bagar Hiu

Bagar Hiu merupakan salah satu makanan khas Bengkulu Selatan yang juga sering dijadikan oleh-oleh jika ada wisatawan yang berkunjung ke daerah Sekundang Setungguan ini.

Nah, tahukah sahabat Camkoha, jika Bagar Hiu merupakan salah satu menu favoritnya presiden pertama RI yaitu Ir. Soekarno ketika diasingkan ke Bengkulu dari tahun 1938 – 1942 setelah sebelumnya diasingkan ke Flores, NTT.

Dari Namanya sudah menunjukakn jika makanan ini memiliki bahan utama yaitu ikan hiu. Karena hiu semakin langka dan ada 8 dari 117 jenis hiu yang termasuk hewan dilindungi, maka kadang kala daging hiu diganti menjadi daging ikan lain sesuai yang tersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: