Iklan RBTV Dalam Berita

Belum Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Tuak untuk Kesehatan Ginjal!

Belum Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Tuak untuk Kesehatan Ginjal!

Manfaat Tuak untuk Kesehatan Ginjal--

Akhirnya Dewa Odapodap menikah dengan Dewi Deakpujar. Dewi Sorbajati terombang-ambing di lautan hingga akhirnya terdampar di tanah yang dipukul Dewi Deakpujar dan bertumbuh pohon Bagot.

BACA JUGA:Tak Selalu Buruk, Ternyata Ini Manfaat Arak untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

3. Racikan Tuak Untuk Adat

Selain merakyat, minuman tuak juga termasuk untuk penyajian minuman pada saat upacara adat. Uniknya, racikan tuak untuk adat berbeda dengan tuak yang dijumpai pada umumnya.

Minuman Tuak yang digunakan untuk upacara adat bernama tuak tangkasan, di mana air tuak tidak bercampur dengan raru. Air tuak memiliki rasa manis dan tuak ini disebut tuak na tonggi dalam bahasa Batak Toba.

Cara meracik tuak ini adalah dengan disadap airnya. Penyadap tuak disebut paragat (agat, semacam pisau yang digunakan saat menyadap tuak) dalam bahasa Batak Toba.

BACA JUGA:Penghasil Kaviar Terbesar di Dunia, Ikan Sturgeon Termasuk Jenis Ikan Apa?

Setelah dipukul tandan berulang-ulang dengan kayu selama beberapa minggu, baru dipotong mayangnya. Kemudian dibungkus dengan obat-obatan (kapur sirih atau keladi yang ditumbuk) selama dua-tiga hari.

Barulah, air tuak bisa mengalir dengan lancar.
Setelah itu, tuak yang ditampung pagi hari dikumpulkan di rumah paragat. Setelah melakukan uji coba pada rasa, paragat memasukkan ke dalam bak tuak sejenis kulit kayu untuk memperkaya rasa.

Itulah beberapa manfaat tuak yang bisa dirasakan untuk Kesehatan ginjal. Semoga informasi ini dapat membantu.

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: