Iklan RBTV Dalam Berita

Apakah Boleh Kendaraan Menggunakan Plat Nomor Polisi yang Dibuat Pengrajin Jalanan? Begini Ketentuannya

Apakah Boleh Kendaraan Menggunakan Plat Nomor Polisi yang Dibuat Pengrajin Jalanan? Begini Ketentuannya

Ketentuan Penggunaan Plat Nomor Kendaraan--

Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang bisa digunakan sebagai acuan:

1. Material Plat Nomor

Plat nomor asli di Indonesia dibuat dengan menggunakan bahan aluminium alloy yang cukup kuat dan tahan lama.

Sementara itu, plat nomor palsu biasanya dibuat dari bahan seng yang lebih tipis dan mudah rusak. Perbedaan material ini bisa menjadi petunjuk awal untuk membedakan plat nomor asli dan palsu.

BACA JUGA:Operasi Zebra 2024 di Kabupaten Ciamis Digelar di 3 Titik Lokasi, Jangan Sampai Kena Tilang

2. Hasil Cetakan

Hasil cetakan pada plat nomor asli sangat rapi dan konsisten, baik dari segi jarak antar huruf dan angka, ukuran, serta warna cat yang digunakan. Plat nomor asli juga memiliki tanda khusus seperti logo Korlantas di bagian bawah dan tulisan "Korlantas Polri" pada badan plat.

Selain itu, plat nomor asli menggunakan teknik cetak timbul atau embossing yang memberikan tekstur pada huruf dan angka, sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Sebaliknya, plat nomor palsu sering kali memiliki hasil cetakan yang tidak konsisten. Jarak antara huruf dan angka bisa berbeda-beda, warna cat mungkin tidak merata, dan tidak terdapat tanda resmi seperti pada plat asli.

BACA JUGA:Pendaftar PPPK Gelombang 2 Hanya dapat Formasi Sisa Gelombang 1? Berikut Penjelasannya

3. Font Khusus

Plat nomor asli menggunakan jenis font khusus yang tidak diungkapkan secara publik untuk menjaga keasliannya. Font ini dirancang sedemikian rupa agar sulit untuk dipalsukan.

Plat nomor palsu, di sisi lain, sering kali menggunakan font yang mirip atau bahkan dimodifikasi sesuai dengan permintaan pembuatnya, sehingga terlihat berbeda dari plat nomor resmi.

4. Cat Khusus

Plat nomor asli tidak hanya menggunakan bahan yang khusus, tetapi juga dilapisi dengan cat khusus yang memberikan tampilan glossy atau mengkilap pada permukaan plat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: