Iklan RBTV Dalam Berita

Jangan Tunggu Rusak, Kenali Ciri Kampas Kopling Motor Habis

Jangan Tunggu Rusak, Kenali Ciri Kampas Kopling Motor Habis

kampas kopling habis--

Namun akan berbeda cerita saat kampas kopling habis, karena saat gigi sudah dimasukan tarikannya malah tidak responsif karena terjadi keterlambatan.

7. Putaran Mesin Tinggi

Selain terjadi keterlambatan karena mesin yang tidak responsif, serta terjadi kendala dalam mengoper gigi, putaran mesin pun akan jadi sangat tinggi untuk dibutuhkan dalam mencapai sebuah kecepatan motor.

Saat motor melesat dalam kecepatan 50 km/jam biasanya dibutuhkan putaran 5.000 rpm. Namun karena kampas kopling habis harus bekerja lebih keras dengan putaran rpm yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Berantas Judol, 85 Influencer Jadi Tersangka Promosi Judi Online

Penyebab Kampas Kopling Cepat Habis

Sementara itu, untuk informasi tambahan, dalam buku petunjuk manual produk sepeda motor, dijelaskan jika rata-rata interval pemakaian kanvas kopling sekitar 15.000-20.000 Km, atau sekitar 2 tahun dalam pemakaian normal.

Tapi dalam beberapa kondisi, kampas kopling tersebut bisa saja hanya bisa dipakai beberapa bulan saja.
Ada banyak hal yang dapat menyebabkan hal ini, salah satu yang paling umum adalah, perilaku mengemudi yang buruk, misalnya sering buka-tutup kopling sambil menghentak-hentakkan tuas gas, menggantung tuas kopling atau mengemudi dengan setengah kopling.

Cara berkendara lainnya yang berisiko membuat kampas kopling cepat aus adalah, kebiasaan menahan tuas kopling saat posisi berhenti lama, contohnya saat saat berhenti di lampu merah, Anda menahan tuas kopling sementara posisi gigi masuk.

Untuk jeda lama atau berhenti lama (sekitar 1 menit), sebaiknya tuas kopling dibiarkan saja, dan posisi gigi dinetralkan. Baru ketika akan jalan, Anda bisa kembali menarik tuas kopling dan posisi gigi dimasukkan kembali.

BACA JUGA:Profil Nita Vior, Sosok yang ramai Dibicarakan Gegara Video 15 Menit 20 Detik

Selain dari perilaku mengemudi, kampas kopling yang cepat aus pun bisa disebabkan karena faktor setelah kopling yang terlalu dekat.

Memang posisi ini akan memudahkan Anda saat harus berpindah gigi, tapi resikonya Anda harus terus menekan tuas kopling saat kecepatan rendah.

Untuk ukuran yang tepat, Anda bisa mensgatur jarak bebas tuas kopling sekitar 1,5-2 cm saja. Dengan cara ini, kampas kopling bisa dimaksimalkan, dan usia pakainya pun jadi lebih lama.
Itulah mengenai ciri dan penyebab kampas kopling motor habis, semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: