Iklan dempo dalam berita

Jangan Abai, Kurang Minum Air Putih Bisa Mengakibatkan Stroke, Berikut 12 Dampak jika Kurang Minum Air Putih

Jangan Abai, Kurang Minum Air Putih Bisa Mengakibatkan Stroke, Berikut 12 Dampak jika Kurang Minum Air Putih

Dampak pada tubuh jika kurang minum air putih--

Selain itu air juga bermanfaat menjaga agar tubuh tidak terkena dehidrasi atau kekurangan cairan  yang dapat mengganggu kesehatan.

 

Asupan air diatur oleh rasa haus dan kenyang. Ini terjadi melalui perubahan yang dirasakan di mulut, hipotalamus (pusat otak yang mengontrol pemeliharaan keseimbangan air dan suhu tubuh, dan perut).

 

BACA JUGA:Di Atas Jembatan Shiratal Mustaqim Ada yang Berjalan Secepat Kilat Ada juga yang Merangkak

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20%. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90% air.

 

Sementara itu jika kurang minum air putih, berikut ini dampaknya pada tubuh:

 

1. Tekanan darah menurun 

Saat tubuh kurang minum air putih atau cairan lain, seseorang bisa mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat volume plasma darah yang mengandung protein menurun. Dampaknya, tekanan darah orang yang kurang minum air putih juga bisa ikut turun. 

 

BACA JUGA:Dijemput Empat Malaikat, Sosok Manusia Ini Orang Pertama yang Dibangkitkan Setelah Kiamat

2. Mual dan muntah 

Saat suhu meningkat atau sedang melakukan aktivitas fisik, tubuh manusia secara alami menghilangkan panas di tubuh dengan berkeringat. Apabila pengeluaran cairan tersebut tidak diimbangi dengan asupan cairan pengganti, kenaikan suhu tubuh menyebabkan mual dan muntah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: