Iklan dempo dalam berita

Bagus Buat Janin Karena Kaya Vitamin, Ini 15 Manfaat Buah Jengkol untuk Kesehatan

Bagus Buat Janin Karena Kaya Vitamin, Ini 15 Manfaat Buah Jengkol untuk Kesehatan

Bagus Buat Janin Karena Kaya Vitamin, Ini 15 Manfaat Buah Jengkol untuk Kesehatan--

12. Mengatasi Demam Berdarah

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat jengkol banyak mengandung zat protein, kalsium, fosfor, asam jengkolat, vitamin A dan B1, karbohidrat, minyak atsiri, saponin, alkaloid, terpenoid, steroid, tanin, dan glikosida.

Biji, kulit batang, kulit buah dan daun jengkol mengandung beberapa senyawa kimia, diantaranya saponin, flavonoid dan tanin.

Sementara menurut penelitian yang dikutip dari Jurnal UIN Suska Riau, ekstrak air kulit buah jengkol dapat digunakan sebagai larvasida untuk mencegah penyakit demam berdarah.

Namun, klaim ini masih perlu penelitian lanjutan untuk membuktikan khasiat jengkol dalam mengatasi demam berdarah.

13. Melawan Bakteri Jahat

Hasil penelitian mengungkapkan manfaat jengkol lainnya sebagai pembasmi bakteri jahat yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Bakteri tersebut misalnya Streptococcus mutans (dapat mengakibatkan pengeroposan gigi), Staphylococcus aureus (pneumonia), dan Escherichia coli (diare).

Selain bakteri tersebut, ekstrak kulit jengkol juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan Shigella dysenteriae (diare akut) dan Salmonella typhimurium (gastroenteritis).

Manfaat untuk melawan bakteri jahat di dalam tubuh tersebut berasal dari kandungan tanin dan flavonoin pada jengkol.

14. Mengobati Luka Bakar

Kandungan tanin pada jengkol juga bermanfaat sebagai campuran pada salep luka bakar.

Tanin terbukti memiliki sifat antibakteri dan antiseptik sehingga dapat mencegah luka bakar dari infeksi sekaligus mempercepat kesembuhannya.

Oleh petani, jengkol juga sering digunakan sebagai pestisida alami untuk membunuh hama atau serangga yang dapat merusak tanaman.

Pasalnya, jengkol mengandung asam jengkolat, alkaloid, flavonoid, steroid, tanin, saponin, dan triterpenoid yang sekaligus dapat melindungi tanaman jengkol dari serangan hama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: